ilustrasi

SLEMAN, SM Network – Peta epidemiologi Covid-19 di Kabupaten Sleman semakin didominasi zona merah. Hasil pemetaan terakhir yang dirilis per 20 September 2020 menggambarkan enam wilayah kecamatan masuk zona resiko penularan tinggi.
Enam kecamatan itu meliputi Kalasan, Depok, Gamping, Mlati, Sleman, dan Ngaglik.

Sementara, empat kecamatan dinyatakan sebagai zona oranye atau resiko penularan sedang. Zona oranye ini mencakup Kecamatan Tempel, Pakem, Ngemplak, dan Berbah. Adapun tujuh kecamatan yakni Turi, Cangkringan, Prambanan, Minggir, Seyegan, Moyudan, dan Godean dikategorikan zona kuning atau penularan rendah.

“Tidak ada zona hijau,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sleman Shavitri Nurmala Dewi atau disapa Evi, Jumat (25/9).

Zona merah bertambah cukup signifikan dibanding data awal bulan ini, dimana hanya terdapat satu daerah resiko tinggi yakni Kalasan. Lebih lanjut Evi menjelaskan, penetapan peta zonasi menggunakan sistem akumulasi skor. Jika nilainya nol, maka dikategorikan zona hijau.

Skor 1-2 masuk kategori zona kuning, sedangkan nilai 3-4 kategori zona oranye. Untuk zona merah, skornya adalah 5-6. Kondisi tidak ada zona hijau di Sleman sudah berlangsung kurang lebih satu bulan. Terakhir, zona hijau muncul di peta epidemiologi pada 22 Agustus 2020.

Sementara itu, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sudah menembus angka 1.002 kasus. Namun demikian, 615 pasien diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan pasien yang meninggal sebanyak 18 orang.

Di tingkat provinsi, positif rate juga mengalami kenaikan. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY Berty Murtiningsih mengatakan, pada awal September, total angka positif rate adalah 3,2. Namun pada pekan ketiga September melonjak jadi 4,8. “Positif rate rata-rata dari 3,2 meningkat menjadi 4,8,” ungkapnya.

Positif rate adalah persentase dari pasien yang memiliki hasil tes positif Covid-19. Cara menghitungnya adalah membagi jumlah total kasus positif dengan jumlah orang yang dites. Semakin rendah positif rate menunjukkan semakin banyak jumlah orang yang dites.

1 KOMENTAR