SM/Adib Annas Maulana - MONITORING : Guberbur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lakukan monitoring persiapan new normal di dua Kecamatan di Wonosobo, Selasa (17/6).

WONOSOBO, SM Network – Grafik penurunan angka pasien Covid-19 di Wonosobo membuat Kabupaten dengan udara dingin itu masuk zona berisiko rendah penularan Covid-19 dan mengarah ke zona hijau. Dalam lawatanya ke Wonosobo, Selasa (16/6) petang, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo Mengatakan wilayah Jateng saat ini belum menerapkan new normal namun baru dalam tahap persiapan.
“Jawa Tengah belum new normal, namun baru dalam tahap penyiapan, sambil kita lihat dulu perkembangan dilapangan”, ujar Ganjar saat berkunjung di Wonosobo tepatnya di dua wilayah Kecamatan, Kertek dan Garung.

Ganjar mengingatkan bahwa new normal itu bukanlah kebiasaan yang sama seperti sebelum terjadi pandemi, namun merupakan tatanan kebiasaan baru dengan penerapan protokol kesehatan dan kebijakan serta ketentuan khusus yang di siapkan secara matang sebagai acuan dalam pelakasanaanya nanti.

Melihat masih adanya peningkatan kasus positif, Pemerintah Daerah diminta agar jangan takut, karena menurutnya dengan semakin banyaknya penelusuran yang dilakukan maka semakin tahu bagaimana kondisi sebenarnya, sehingga bisa menentukan langkah apa yang harus di siapkan. Jangan kendor dan tetap meningkatkan kwaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

Ganjar menuturkan, sebelumnya sempat khawatir dengan Wonosobo, namun dia memberikan apresiasi terhadap Gugus Tugas Kabupaten Wonosobo yang mampu bekerja dengan cepat. Dia minta agar kondisi saat ini harus terus dijaga dan dipertahankan. Kuatkan jogo tonggo dengan jalin komunikasi koordinasi dengan berbagai sektor dengan mengedepankan kebersamaan dan kemanusiaan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo menegaskan kepada masyarakat untuk tidak bertindak semaunya sendiri meski Wonosobo masuk dalam kategori risiko rendah penularan Covid-19. Masyarakat diminta Andang untuk tetap waspada dan disiplin supaya Wonosobo segera bisa menerapkan new normal.

“Kita belum new normal, sekali lagi saya tegaskan Wonosobo belum new normal. Kita baru mempersiapkan banyak hal agar kita bisa segera new normal. Kata kuncinya disiplin, gunakan masker, rajin cuci tangan, dan tetap jaga jarak untuk mencegah penularan Covid-19,” pungkasnya.


Adhib Annas M

4 KOMENTAR