Wonosobo Langganan Bencana, BPBD Minim Anggaran

WONOSOBO, SM Network – Wonosobo merupakan kabupaten dengan sebagian wilayah berada pada zona rawan bencana alam. Letak geografis Wonosobo yang berada di pegunungan dan banyak tebing di pemukiman warga membuat bencana tanah longsor kerap menerjang kota dingin itu.

Tak hanya tanah longsor, bencana lain seperti angin puting beliung dan banjir masih menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat, terlebih pada musim hujan. Meski masuk dalam kabupaten rawan bencana, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Zulfa Akhsan Alim menyebutkan, anggaran BPBD dalam kebencanaan sangat minim.

Di tahun 2020, anggaran BPBD hanya Rp 200 juta, nilai tersebut menurut Zulfa merupakan angka yang cukup minim mengingat banyaknya bencana yang kerap terjadi. Dalam lawatanya meninjau bencana puting beliung ke Dusun Windusari Desa Tlogojati Kecamatan Wonosobo baru-baru ini Zulfa mengatakan bahwa idealnya, anggaran untuk kebencanaan Wonosobo berkisar 1 milyar.

“Anggaranya minim, karena tahun ini Pemkab mengeluarkan banyak anggaran seperti untuk Pilkada dan pembangunan Pasar Induk, jadi anggaran BPBD hanya 200 juta,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini Pemkab Wonsobo belum mempunyai dana siap pakai atau one call dan masih mengandalkan data Tak Terduga (TT). Upaya penanggulangan bencana dengan menggunakan dana khusus disebut akan lebih efisien dan cepat dibandingkan dengan dana TT yang harus melalui tahap prosedur yang lama.

“ Dana TT itu kan prosedurnya panjang, hampir sama dengan proses pengadaan barang. Jadi, ketika ada dana khusus kebencanaan ini, ketika ada bencana besar, kita akan langsung cepat membelanjakan, menyusun SPJ dan melakukan penanggulangan bencana,” ujar Zulfa.

Lebih lanjut Zulfa mengatakan, apabila ada bencana dengan kategori besar seperti bencana putting beliung yang melanda wonosobo baru-baru ini, bukan berarti pemerintah lamban menindaklanjuti, tetapi memang harus melakukan prosedur sesuai yang ada.

“ 200 juta itu pun untuk dibelanjakan seng atau paku untuk stok regular, jadi kedepan, dengan adanya ini (dana siap pakai) ketika ada bencana besar akan langsung ditindaklanjuti,” pungkasnya.


Adib Annas M

2 Komentar

  1. 86368 206867I discovered your blog internet site on google and check a few of your early posts. Continue to maintain up the quite good operate. I just additional up your RSS feed to my MSN News Reader. Seeking forward to reading a lot more from you later on! 304253

  2. 931747 428118Ill create a hyperlink to the internet page about my private weblog. 182498

Tinggalkan Balasan