SMN/pendim KP - ANGKAT MATERIAL: Sejumlah ibu-ibu Dukuh Prangkokan mengangkat bahan bahan material untuk membantu Satgas TMMD di lokasi sasaran TMMD Reguler ke-107 di Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo.

KULONPROGO, SM Network – Siapa yang tak kenal dengan Wonder Woman. Salah satu tokoh komik besutan Marvel ini digambarkan sebagai sesosok wanita yang dibekali kekuatan super namun baik hati.

Nah, di Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo yang merupakan lokasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107, ada ‘Wonder Woman’ yang turut ambil bagian. Tak hanya satu, namun cukup banyak ‘Wonder Woman’ yang turun ke lokasi.Namun, ‘Wonder Woman’ di lokasi TMMD yang diiniasi Kodim 0731/Kulon Progo ini tentu bukanlah Wonder Woman sesungguhnya.

Mereka hanya kaum wanita, mayoritas ibu-ibu yang ikut membantu pengerjaan sejumlah sasaran fisik. Entah itu pembangunan talud hingga pengecoran jalan antardusun. Maka tak heran, di beberapa titik sasaran banyak dijumpai ibu-ibu yang tengah memanggul kayu atau bahkan membawa karung-karung pasir.

“Ini semua atas kesadaran dan keinginan warga sendiri termasuk para ibu-ibu ini yang ingin membantu Satgas TMMD,” kata Kepala Dukuh Prangkokan Parmono, Minggu (5/4). Menurutnya, warga setempat termasuk para ibu-ibunya sudah merasa dekat dengan Satgas TMMD. Keterlibatan kaum hawa ini sebagai bentuk keguyuban dengan personel-personel TNI tersebut.

“Kegiatan TMMD di tempat kami tidak lama lagi akan berakhir, tepatnya 14 April nanti. Keterlibatan warga juga sebagai bentuk percepatan pembangunan agar seluruh sasaran fisik dapat diselesaikan tepat waktu,” paparnya. Cuaca yang tidak menentu bahkan cenderung turun hujan di siang dan sore hari, tidak mengendorkan semangat mereka dalam bekerja.

Seolah tak kenal lelah warga Purwosari sejak dimulainya pembangunan 16 Maret lalu, hampir setiap hari meninggalkan rumah dan keluarga, mengesampingkan pekerjaan sehari-hari, untuk mendukung pelaksanakan pembangunan.

“Bahkan warga kami jauh hari sebelum pembukaan secara resmi TMMD sudah mulai bergotong royong dibantu anggota Koramil Girimulyo. Lalu mengadakan gugur gunung melebarkan badan jalan yang belum sesuai ukurannya, dengan mengepras tebing dan meratakannya secara manual dengan menggunakan peralatan seadanya,” jelas dia.

Terpisah, Dansatgas TMMD Reguler ke-107 Letkol Inf Dodit Susanto mengucapkan terima kasih sebesarnya atas keterlibatan masyarakat di lokasi TMMD yang sudah mau ikut bergabung dalam menyelesaikan beberapa sasaran fisik.

“Saya lihat sendiri bagaimana kaum pria dan wanita, tua-muda ikut membantu para personel Satgas. Karena kami yakin bersama rakyat, TNI kuat,” sambung Dodit.Pria yang juga Dandim 0731/Kulon Progo itu menambahkan, kini pembangunan infrastruktur di lokasi TMMD tinggal menyisakan beberapa titik sasaran yang harus dimaksimalkan pengerjaannya salah satunya corblok jalan di Pedukuhan Prangkokan.

“Kami melihat warga justru semakin bersemangat, bekerja keras bersama Satgas TMMD untuk menyelesaikan pembangunan. Warga setempat tak lama lagi akan memiliki sarana dan prasarana umum yang bagus dan berkualitas, yang dapat dipergunakan dalam aktifitas sehari-hari dan insyaallah berguna dan dapat dinikmati sampai anak cucu mereka,” tandas Dandim.


Gading Persada

2 KOMENTAR