Wisuda Luring di Masa Pandemi, Ini Protokolnya

YOGYAKARTA, SM Network – Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) menggelar wisuda ke-39 di Hotel Sahid, Sabtu (7/11). Berlangsung di tengah situasi pandemi Covid-19, prosesi wisuda secara tatap muka ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Ada 226 mahasiswa yang diwisuda secara luring, sedangkan 14 orang dengan metode daring,” kata ketua panitia, Rinaldi disela acara.

Prosesi wisuda dengan cara tatap muka dilakukan sesuai instruksi Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta. Diantaranya adalah pengaturan tempat duduk antar wisudawan yang diberi jarak 1-1,5 meter, dan pemilihan ruangan yang memiliki kapasitas dua kali lipat dari jumlah peserta.

Panitia juga memutuskan untuk memadatkan jadwal acara. Semisal dengan mengubah ritual paduan suara ke media Youtube, dan mengarahkan wisudawan supaya langsung keluar ruangan setelah prosesi penyerahan ijazah.

“Kami biasa menggelar wisuda setahun sekali di bulan Oktober. Harapannya bisa seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga bersyukur sekali mendapat kelonggaran dari pemda,” ucap Rinaldi.

Pada wisuda kali ini ada 58 lulusan yang menyandang predikat cumlaude, dan 10 wisudawan terbaik. Dalam sambutannya, Rektor UCY Ciptasari Prabawanti menyampaikan bahwa menyelesaikan belajar di perguruan tinggi merupakan awal dari perjalanan panjang untuk masuk ke dunia kerja.

“Memasuki babak baru membina karir bagai sebuah marathon, bukan berlomba kecepatan melainkan yang dibutuhkan adalah ketangguhan, dan daya tahan,” tegasnya.

Para lulusan pun diminta untuk beradaptasi dengan kondisi kenormalan baru. Untuk mendapatkan atau menciptakan pekerjaan di masa pandemi dibutuhkan keberanian, inovasi, dan pemikiran diluar kebiasaan untuk terus mencari segala kemungkinan.

Tinggalkan Balasan