Wisuda 352 Mahasiswa, IAINU Kebumen Umumkan Bakal Jadi Universitas

KEBUMEN, SM Network – Sebanyak 352 mahasiswa IAINU Kebumen mengikuti wisuda di Meotel Dafam Kebumen, Sabtu (19/12). Dalam kesempatan tersebut diumumkan bahwa IAINU Kebumen bakal menjadi universitas.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Rektor IAINU Kebumen Doktor Imam Satibi dan Ketua Pembina Yayasan Penyelenggara Pendidikan IAINU Kebumen KH Afifuddin Chanif Al Hasani yang juga Rois Syuriah PCNU Kebumen. “Insya Allah tahun 2021, IAINU Kebumen akan ditingkatkan statusnya menjadi universitas,” kata KH Afifuddin Chanif Al Hasani yang akrab disapa Gus Afif dalam sambutan secara virtual.

Sambutan virtual juga disampaikan oleh Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Adib Abdusshomad MAg MEd PHd.

Masing-masing yang mewakili pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten itu tampak mendorong direalisasinya IAINU menjadi universitas. Selanjutnya Rektor IAINU Kebumen Doktor Imam Satibi memohon doa restu kepada para wisudawan agar proses menjadi universitas berjalan lancar.

“Dulu STAINU kemudian jadi institut dan selanjutnya akan meningkat menjadi universitas. Dan perlu kami sampaikan mengenai proposalnya sudah kita ajukan, tinggal nunggu visitasi. Kalau jadi universitas, tentu jurusannya akan diperluas lagi, bahkan mencakup keilmuan pada Kementerian Pendidikan,” ungkap Imam.

Pihaknya pun menekankan kepada para wisudawan agar menunjukkan jati diri, kemampuan serta potensinya demi menjaga nama baik kampus dan almamater. Saat ini, lanjut Imam, diminta tak perlu ragu menyebut IAINU Kebumen. Imam juga menyinggung visinya yang virtual, cakap, bersahaja.

Selain dituntut mengikuti perkembangan zaman, dalam visi itu juga mengandung makna bagaimana menanamkan karakter di mana pun, kapan pun tanpa batas. Di samping itu memberi kemudahan, memiliki kemampuan dan memuaskan pelanggan. Misalnya yang menjadi guru memuaskan anak didiknya. Pihaknya juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa S1 berprestasi untuk meningkatkan jenjang pendidikan S2 di IAINU.

Dalam pelaksanaan wisuda yang dibagi dua gelompang pada pagi dan sore itu dengan total 352 mahasiswa. Terdiri atas program PAI 183 mahasiswa, PGMI 40 mahasiswa, Manajemen Pendidikan Islam 20 mahasiswa, KPI 12 mahasiswa, Ilmu Alquran dan Tafsir 10 mahasiswa, Ahwal Syakhsiyah 9 mahasiswa, Ekonomi Syariah 8 mahasiswa, Perbankan Syariah 5 mahasiswa dan S2 MPI 65 mahasiswa. Cumluade 166 mahasiswa.

Tinggalkan Balasan