Wisata Pasar Tradisional Dibuka Bertahap Mulai Agustus

WONOSOBO – Pembukaan wisata pasar tradisional mulai menuai titik terang. Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengatakan,  pasar digital di Wonosobo yaitu Pasar Kumandang, Pasar Ting Njanti, dan Pasar Projo Buritan akan dibuka secara bertahap mulai bulan Agustus. Hal itu ia sampaikan dalam pelatihan pelaku wisata Pedesaan dan Perkotaan Kabupaten Wonosobo di Joglo Mudal Homestay Mudal, Mojotengah, Senin (27/7).

Bupati menegaskan, ditengah pandemi COVID-19 sangat diperlukan penyesuaian terhadap tata kelola atraksi produk wisata pasar digital, yang mampu menjamin kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan konservasi lingkungan hidup oleh pelaku atau pengelola usaha, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan pengunjung, terhadap destinasi pariwisata serta usaha pariwisata di Kabupaten Wonosobo.

Eko menjelaskan, pelatihan  tersebut juga untuk meningkatkan efektivitas pencegahan penyebaran wabah dan dampak COVID-19 dalam pelaksanaan kegiatan usaha pariwisata. Pemulihan ekonomi perlu secepat mungkin dijalankan guna menjaga keberlangsungan usaha pariwisata di Kabupaten Wonosobo.

“Semoga melalui pelatihan ini, dapat memberikan gambaran dan pemahaman yang jelas, mengenai segala hal terkait Usaha Pariwisata, khususnya bagi penyelenggaraan destinasi wisata, melalui produk wisata pasar digital di Wonosobo, pada masa pandemi COVID-19 saat ini,” harapnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo, Haryono mengatakan, Pelatihan yang digelar  Disparbud tersebut bertujuan untuk membangun kembali penyelenggaraan wisata berbasis kuliner dan kearifan lokal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

“Bulan Juli ini kita selesaikan sosialisasi penerapan tatanan kehidupan baru kepada semua pelaku wisata. Dan bulan Agustus ini akan kita buka tempat wisata secara bertahap. Protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat dan pembatasan kunjungan juga akan diberlakukan supaya wisatawan bisa aman dan tidak menciptakan kluster baru,” jelasnya.

Sejumlah tempat wisata yang telah dibuka terlebih dahulu seperti wisata Bukit Sikunir dan pendakian Gunung Prau di Kecamatan Kejajar terus dievaluasi mengingat masih terdapat lonjakan pengunjung yang bisa menciptakan kerumunan. Meski Wonosobo kini zero pasien Covid Haryono menegaskan bahwa pandemi ini belum berakhir dan masih perlu diwaspadai.

“Masyarakat perlu paham bahwa new normal bukan berarti bebas seperti sebelum pandemi ini. Kadang masyarakat salah mengartikan sehingga protokol kesehatan tidak diterapkan,” pungkasnya.

Adib Annas Maulana

5 Komentar

  1. Like!! Thank you for publishing this awesome article.

  2. I always spent my half an hour to read this web site’s articles or reviews daily along with a mug of coffee.

  3. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

Tinggalkan Balasan