Warung Kalasan Bantu UKM di Kala Pandemi

SLEMAN, SM Network – Lesunya bisnis akibat pandemi Covid-19 memantik ide Forkom UMKM Kecamatan Kalasan untuk menghadirkan sarana promosi berbasis online. Dinamai Warung Kalasan, warung basis online ini diresmikan oleh Bupati Sleman pada Rabu (5/8).

Peresmian dilaksanakan secara simbolis di Pendapa Kantor Kecamatan Kalasan dengan ditandai pemukulan gong. Ketua Forkom UMKM Kecamatan Kalasan, Marsono Budi Raharjo mengatakan, peluncuran Warung Kalasan merupakan salah satu upaya dalam memberikan solusi bagi pelaku UMKM yang terdampak wabah Covid-19.

“Kami dari Forkom mencoba membantu memberikan solusi agar UMKM tetap berjalan, dan tercetus gagasan warung online ini,” ujarnya.

Lewat website, pelaku UMKM dapat mengenalkan dan memasarkan produknya. Sampai dengan saat ini, UMKM yang masuk dalam pemasaran Warung Kalasan berjumlah 81 usaha dan terdiri dari 87 produk. Sebelum dimasukkan dalam warung online, seluruh produk dan anggota telah dikurasi dengan tolak ukur kelengkapan administrasi seperti surat izin usaha mikro kecil, dan BPOM.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyebut kehadiran Warung Kalasan adalah upaya nyata dalam mendukung pengembangan ekonomi mikro di wilayah Kecamatan Kalasan.

“Keberadaan warung ini diharapakan dapat mendukung dan mempercepat bangkit dan berkembangnya UMKM Kalasan di tengah pandemi,” tukasnya.

Menurutnya, pemberdayaan UMKM sebaga rantai ekonomi masyarakat adalah langkah yang mendesak dan penting untuk segera direalisasikan. Pasalnya, wabah virus corona telah memberi dampak yang cukup signifikan terhadap usaha kecil milik masyarakat.


Amelia Hapsari

4 Komentar

  1. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  2. I used to be able to find good info from your blog posts.

Tinggalkan Balasan