ILUSTRASI

PURWOREJO, SM Network – Seorang pegawai di RSUD Tjitrowardojo yang telah dinyatakan positif Covid-19, menggunakan alat Rapid Test, sejak beberapa hari yang lalu, baru diumumkan pada hari ini, Kamis (16/04/2020), oleh tim Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo.

dr Darus selaku juru bicara Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam penanganan Covid-19, mengungkapkan, pengidap Covid-19 berjenis kelamin laki-laki itu berasal dari Kecamatan Bayan. Pasien diketahui positif sejak beberapa hari yang lalu, diduga karena kontak dengan pasien terkonfirmasi 01 (satu).

“Beberapa waktu lalu dinyatakan positif setelah dicek menggunakan rapid test, kemudian isolasi dirumah, kurang lebih satu mingguan. Setelah dilakukan konfirmasi dengan tes Swab, ternyata benar positif. Untuk saat ini (pengidap baru ini) sudah diisolasi di RSUD Tjitrowardojo. Untuk sementara ini yang positif (covid-19) ada 4 orang,” katanya, Kamis (16/04/2020).

dr Darus mengatakan, kebijakan untuk memindahkan pasien tersebut ke rumah sakit, dilatarbelakangi oleh alasan nonmedis. Menurutnya, kondisi kesehatan pasien saat ini cenderung baik. Pasien tersebut juga diketahui tidak memiliki latar belakang penyakit kronis.

“(isolasi) dipindahkan ke rumah sakit supaya lebih aman, karena ada kekhawatiran dari masyarakat,” ujarnya.

Hingga pukul 16.00 hari ini, tercatat ODP berjumlah 1693 orang, 1029 diantaranya selesai pemantauan. PDP berjumlah 32 orang, terdiri dari 16 sembuh, 14 dirawat, 2 meninggal. 11 orang diantaranya sudah keluar hasil test swabnya dan dinyatakan negatif. Sedangkan yang positif berjumlah 4 orang.

Heru Prayogo

2 KOMENTAR