Warga Positif Covid-19 Dikarantina di BLK dan Gedung Pemuda

TEMANGGUNG, SM Network – Lonjakan kasus positif di Kabupaten Temanggung yang mencapai angka 161 membuat Pemkab melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung bergerak cepat melakukan karantina. Untuk pasien dengan gejala, dan penyakit penyerta, termasuk manula dan balita di rawat di RSUD. Lalu orang positif tanpa penyakit penyerta di karantina di Gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans dan Gedung Pemuda.

Koordinator Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung Ripto Susilo mengatakan, persiapan karantina langsung dilakukan pada Rabu (10/6) pagi, di Gedung BLK dan Gedung Pemuda Temanggung. Gedung BLK dikhususkan untuk menampung warga yang berkelamin perempuan sedangkan Gedung Pemuda khusus untuk laki-laki.

“Karantina di Gedung BLK dan Gedung Pemuda diperuntukkan bagi yang positif swab tapi kondisinya sehat, kalau yang sakit di rumah sakit. Untuk yang di BLK ini khusus untuk perempuan yang laki-laki di Gedung Pemuda. Kita lakukan semaksimal mungkin dan semoga tidak terus bertambah yang positif,”ujarnya Rabu (10/6).

Koordinator Penanganan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung Agus Munadi, menuturkan, persiapan yang dilakukan selain tempat juga persiapan pengamanan, relawan kesehatan, dan lain-lain. Harapannya bisa melayani dengan baik warga yang dinyatakan positif korona agar cepat sembuh.

“Dengan segala persiapan sedemikian rupa, kita berharap saudara-saudara kita baik yang di BLK maupun Gedung Pemuda dapat terlayani dengan baik, kemudian imunnya kuat dan cepat sembuh. Dipersiapkan pula untuk makan, snack, dan suplemen tambahan. Kita juga koordinasikan dengan Dinas Kesehatan untuk soal swabnya dan PMI untuk penyemprotan disinfektan,”katanya.

Disebutkan, Gedung BLK Maron memiliki daya tampung 55 orang, di Gedung Pemuda menampung 60-an orang dengan sekat-sekat kamar. Untuk di BLK Maron dari 17 kamar yang ada kapasitas bed bisa 3 atau 4 bed per kamarnya. Mereka yang ditempatkan di sini juga yang bisa berkegiatan secara mandiri.

“Kami mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung mari kita bersama-sama bergerak berikhtiar dengan jajaran Pemkab, jajaran Gugus Tugas Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan, termasuk jogo tonggo. Ayo bareng-bareng jogo Temanggung ben sehat, ayo berdoa ben korona cepat sirna, agar kehidupan bisa kembali normal,”katanya.


Raditia Yoni Ariya/K41

Tinggalkan Balasan