Warga Positif Covid-19 di Kebumen Jadi Delapan

KEBUMEN, SM Network – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kebumen melonjak dalam dua hari terakhir. Jika Jumat (17/4/2020) jumlah pasien positif empat orang, Minggu (19/4/2020) jumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 menjadi delapan orang atau naik 100 %.

Dari delapan pasien, empat orang masih dalam perawatan di rumah sakit. Dua orang dinyatakan sembuh dan dua orang telah meninggal dunia. Pasien yang dinyatakan sembuh bernama Siti Fatimah (61) warga Desa Pringtutul, Kecamatan Rowokele.

Pasien dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan dari RSUD dr Soedirman, Sabtu (18/4/2020) siang. Dari hasil laboratorium Balai Besar Tehnik Kesehatan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, dua kali swab terakhir pasien dinyatakan negatif.

Sedangkan pasien perempuan berinisial K (48) warga asal Kota Bogor Jawa Barat yang dirawat di RSUD Prembun dinyatakan sembuh. Namun setelah pasien sudah kembali ke Kota Bogor, hasil uji laboratorium baru keluar dan pasien dinyatakan positif Covid-19.

Pasien pun dinyatakan sembuh tanpa ada diuji swab kedua untuk memastikan apakah di tubuh pasien masih terdapat virus atau tidak. Pemkab Kebumen melalui Gugus Tugas Covid-19 berkoordinasi dengan pasien dan Dinas Kesehatan Kota Bogor terkait status pasien dari Kebumen.

Sementara itu, empat pasien positif Covid-19 yang masih dirawat adalah TG (43) warga Kecamatan Kebumen, M (51) warga Kecamatan Karangsambung. Pasien positif ketujuh seorang laki-laki berinisial AB (55) asal Kecamatan petanahan. Pasien ke delapan perempuan berinisial M (34) asal Kecamatan Karanganyar. Saat ini para pasien dirawat di RSUD dr Soedirman.

Pasien TG mengeluhkan sakit dengan gejala Covid-19 dan masuk ke RSDS Kebumen pada 3 April 2020. Kemudian pada 8-9 April 2020 dilakukan pengambilan swap. Sampel tersebut dikirim ke BBTKLPP Yogyakarta. Selanjutnya, 17 April 2020 hasil laboratorium diterima dari BBTKLPP Yogyakarta dan yang bersangkutan dinyatakan positif.

Sedangkan, M, mengeluhkan sakit dengan gejala Covid-19 saat masih berada di Jakarta pada 20 Maret 2020. Kemudian, pulang ke Kebumen pada 30 Maret dan masih sakit. Selanjutnya, yang bersangkutan dilakukan rapid test oleh Puskesmas tempat tinggalnya dengan hasil positif dan dirujuk ke rumah sakit. Setelah dilakukan swab dan hasilnya uji laboratorium yang bersangkutan positif Covid-19.

Tanpa Gejala


Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kebumen, Cokro Aminoto menjelaskan, pasien M asal Karanganyar sebelumnya bekerja di Jakarta. Pada 3 April 2020 yang bersangkutan mudik datang ke Puskesmas untuk memeriksakan diri. Yang bersangkutan meninggalkan nomor handphonenya lalu diminta untuk isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Setelah itu, pada 10 Maret yang bersangkutan menceritakan kepada petugas Puskesmas bahwa dirinya pernah mendapatkan tes swab di Jakarta. Pihaknya menaruh curiga karena yang bersangkutan belum bercerita hasilnya positif maupun negatif. Pada 11 Maret 2020, kepada yang bersangkutan kemudian dilakukan rapid test dengan hasil positif.

“Di hari yang sama kami juga lakukan rapid test kepada keluarga yang bersangkutan dengan hasil negatif,” jelasnya.

Kemudian setelah itu, pada tanggal 14-15 April pihaknya segera melakukan penindakan kepada yang bersangkutan dengan melakukan tes swab. Hasil uji lab diketahui Minggu (19/4/2020) dan dinyatakan positif Covid-19.

“Yang bersangkutan, tanpa gejala. Kondisinya sehat. Dari awal datang dari Jakarta sampai sekarang memang kondisinya sehat, masuk dalam kategori tanpa gejala,” tandasnya seraya menyebutkan saat ini yang bersangkutan menjalani isolasi dan perawatan intens di salah satu rumah sakit di Gombong.

Selain menerima hasil lab positif, hasil laboratorium PDP dinyatakan negatif. Yakni laki-laki berinisial BS (37) rujukan Laboratorium RSUD Prembun dan perempuan berinisial M (56) rujukan Laboratorium RSU Purbowangi.

Sementara itu, Orang Dengan Pemantauan (ODP) tercatat 2.285 orang. Sebanyak 1.659 orang diantaranya telah selesai pemantauan. Pasien Dengan Pengawasan (PDP) PDP tercatat 89 orang. Tiga meninggal dunia tanpa hasil lab, 21 orang diantaranya telah selesai pengawasan. Sedangkan PDP dengan hasil laboratorium negatif 32.


Supriyanto

2 Komentar

  1. 173747 620875The specific New york Diet can be an highly affordable and versatile eating better tool built for time expecting to loose fat along with naturally keep a healthful every day life. la weight loss 31168

  2. 27231 368404This really is sensible information! Exactly where else will if ind out a lot more?? Who runs this joint too? sustain the good work 349131

Tinggalkan Balasan