Warga Kembali Padati Pusat Perbelanjaan

WONOSOBO, SM Network – Pemerintah terus mengimbau warga untuk tetap berada di rumah dan menerapkan sosial distancing. Meski sempat menerapkan imbauan tersebut, warga kembali padati pusat perbelanjaan di sekitar Pasar Induk Wonosobo, Senin (20/4).

Untuk memutus matai rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo juga mewajibkan para pedagang dan pengunjung pasar untuk mengenakan masker pelindung wajah. Namun, hingga kini masih banyak warga yang tidak menaati peraturan tersebut.

“Kewajiban mengenakan masker di luar rumah sudah terbit Surat Edaran Bupati nya dan kami berharap agar warga masyarakat mematuhinya,” tegas Sekretaris Daerah Wonosobo, One Andang Wardoyo baru-baru ini.

Petugas parkir kawasan Pasar Induk Wonosobo, Ato mengatakan, warga kembali padati kawasan Pasar Induk Wonosobo sejak Minggu (19/4). Menurutnya, lonjakan pengunjung pasar cukup signifikan dan kembali terlihat padat seperti sebelumnya.

“Sudah dua hari ini pasar kembali ramai, lonjakanya cukup banyak. Padahal sebelum dua hari ini pasar sepi pengunjung, saya juga gak tau kenapa seperti ini,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Satpol PP Wonosbo Haryono mengatakan, pihaknya akan memberi surat peringatan kepada warga yang melanggar aturan menggunakan masker, “Selama lima hari ini kita akan memantau pusat-perbelanjaan dan pasar, jika ada yang melanggar akan kita beri surat peringatan. Kita lihat dulu, ini cukup efektif atau tidak, kalau dalam lima hari kedepan masih banyak yang tidak memakai masker, maka akan kita evaluasi lagi,” ujarnya.


Adib Annas Maulana

Tinggalkan Balasan