Warga Karangsari Sulap Limbah Plastik Jadi Barang Bernilai Ekonomi

KEBUMEN, SM Network – Di tangan orang kreatif, limbah yang biasanya dibuang bisa bermanfaat. Bahkan di tangan Sumedi (60), warga Desa Karangsari RT 03 / RW 05, Kecamatan Kebumen dijadikan barang apik yang bernilai ekonomi.

Saat ditemui di rumahnya, Selasa (28/7), Sumedi menuturkan usaha yang digelutinya berawal saat dirinya tanpa sengaja membakar tumpukan sampah. Kemudian ia iseng mencoba barag abstrak dari cairan yang dihasilkan oleh pembakaran limbah karung platik tersebut. “Ternyata hasilnya bagus, dan akhirnya saya mencoba untuk membuat bentuk-bentuk yang lain,” kata Sumedi.

Ia pun memanfaatkan limbah plastik yang diperoleh dari pabrik dan toko kelontongan itu. Dalam kesempatan tersebut, Sumedi berbagi keterampilan mengenai proses pembuatannya. Dimulai dari proses pembakaran lalu cairan yang meleleh.

Lalu dibentuk berbagai macam barang, seperti aquarium mini, kursi meja, miniatur jembatan, pohon kelapa, rumah-rumahan, bonsai, dan lain lain. Setelah itu baru diberi hiasan dan di cat, kemudian siap dipasarkan.

Sumedi menyampaikan, konsumen kerap datang sendiri ke rumah untuk membeli barang yang relatif terjangkau itu. Harganya berkisar Rp 3000 hingga Rp 30.000. Bahkan ada yang mencapai Rp 300.000 untuk jenis aquarium. Sedangkan pengerjaannya, ia dibantu oleh istri dan anggota keluarga.Diakui Sumedi, usaha yang ia rintias sejak 28 tahun lalu itu cukup membantu perekonomian keluarganya.

Sementara itu, Kepala Desa Karangsari Endarta saat meinjau usaha warganya itu sangat mengapresiasi. “Dan kami akan selalu mendorong dan mendukung setiap warga yang berwirausaha,” terangnya.
Sejauh ini, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan UMKM Kebumen untuk membantu pelatihan bagi masyarakat yang benar-benar meiliki keinginan berwirausaha secara mandiri.

Hal senada disampaikan Kanit Binmas Posek Kebumen sekaligus Pembina Desa Krangsari Aipda Kurnia Setyo Julianto. Menurutnya, dengan semakin banyaknya warga masyarakat yang kreatif, maka diharapkan dapat tercipta ketertiban masyarakat yang kondusif.


Arif Widodo / K5

8 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Good one! Interesting article over here. It’s pretty worth enough for me.

  3. 571545 53093Does your web site have a contact page? Im having trouble locating it but, Id like to send you an e-mail. Ive got some suggestions for your weblog you may be interested in hearing. Either way, wonderful blog and I look forward to seeing it develop over time. 865812

  4. 643405 744223Just a smiling visitant here to share the really like (:, btw outstanding style . 694642

  5. 638514 35907I really like your writing style, very good information , thankyou for putting up : D. 12556

Tinggalkan Balasan