SM/Adib Annas Maulana - LAKUKAN SHOLAT : Seorang warga gunakan masker saat sholat Jumat di Masjid Al-manshur Kauman, Jumat (20/3).

WONOSOBO, SM Network – Ada pemandangan yang berbeda di sejumlah Masjid yang berada di seputar Kota Wonosobo, Jumat (20/3). Sejumlah warga yang menunaikan ibadah sholat Jumat menggunakan masker berbagai jenis seiring merebaknya kasus corona atau covid-19 diberbagai daerah.

Meski belum satupun ditemukan kasus Covid-19 di Wonosobo, sejumlah warga terlihat mulai mengantisipasi penyebaran virus tersebut dengan menggunakan masker ketika berada dalam keramaian.

Salah satu jamaah sholat jumat, Sigit (45) mengatakan, hal itu ia lakukan guna melindungi diri meski Wonosobo masih termasuk Kabupaten dengan zero kasus. Dirinya juga mengaku mengikuti imbauan pemerintah dengan membatasi diri berada di tengah-tengah keramaian.

“Untuk jaga-jaga saja si meski belum ada kasus di Wonosobo. Mencegah juga lebih baik daripada mengobati,” ujar Ahmad Hadianto (23) salah satu jamaah saat di temui seusai sholat jumat.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Wonosobo mengambil langkah antispatif dalam rangka memberikan fasilitas yang lebih aman dan nyaman bagi peribadatan umat muslim yang hendak menunaikan Sholat Jumat agar tak terpapar virus COVID-19.

Hal itu terlihat ketika pada Jumat pagi, empat Masjid besar di area Kota Wonosobo, yaitu Masjid AL Jami, Masjid Al Mansyur Kauman, Masjid Al Huda Sudagaran dan Masjid Abu Dardiri di Komplek Kemenag Kabupaten, disterilkan dengan menggunakan cairan desinfektan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda, Isnanto yang turut mendampingi tim penyeprotan keempat masjid menjelaskan, langkah tersebut diambil sesuai arahan dari Bupati dan Sekretaris Daerah sebagai upaya untuk pengamanan terhadap jamaah Sholat Jumat.

“Selain arahan dari Pak Bupati dan Pak Sekda, langkah mengamankan masjid dari penyebaran virus corona ini juga sesuai dengan surat edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 440/0006405 Tentang Antisipasi Resiko Penularan Infeksi Corona Virus Desease (COVID-19) Pada Area Tempat Kerja, Fasilitas Umum dan Transportasi Publik di Jawa Tengah,” terang Isnanto.

Dengan telah dilakukannya langkah antsipatif tersebut, pihak Pemkab seperti dikatakan Isnanto berharap warga masyarakat, khususnya umat Muslim yang hendak menunaikan ibadah Sholat Jumat dapat terhindar dari penyebaran virus yang kini tengah menjangkiti tak kurang dari 160 Negara di seluruh dunia dan menjadi pandemi global itu.


Adib Annas M

3 KOMENTAR