SM/dok - TINJAU POSKO: Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, saat melakukan monitoring Posko Siaga Covid-19 di desa-desa, Minggu (19/4).

PURWOREJO, SM Network – Semua elemen masyarakat diminta untuk bergotong royong membantu orang dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) dalam upaya penanganan wabah virus corona (Covid-19).

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, saat melakukan monitoring Posko Siaga Covid-19, di desa-des di wilayah Kecamatan Pituruh, Kemiri, dan Bagelen. Menuritnya, gotong royong semua elemen masyarakat perlu dilakukan karena saat ini orang yang masuk dalam kategori ODP ada di hampir semua kecamatan di Kabupaten Purworejo.

“Tentunya ini menjadikan kita dan semua elemen masyarakat harus saling bekerjasama, gotong royong membantu menangani ODP. Utamanya warga yang paling dekat dengan ODP, untuk dapat memberikan perhatian dan mensuport,” kata Yuli di sela-sela pemantauan, Minggu (19/4).

Lebih lanjut Wabup mengatakan, dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini masyarakat harus saling menyadari. Artinya bagi yang berstatus ODP dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) supaya isolasi mandiri di rumah. Sedangkan yang tidak terpapar, agar sadar terus membentengi diri dan kluarga dengan meningkatkan imunitas dan selalu menggunakan masker serta tetap tinggal dirumah agar tidak tertular.

“Prinsipnya kalau kita lawan bersama dan semua masyarakat mau disiplin, InsyaaAllah penyebaran Covid-29 bisa ditekan,” tuturnya.

Menurutnya, jumlah ODP, PDP, OTG (Orang Tanpa Gejala) dan positif harus diwaspadai, jangan terlena dan jangan menyepelekan. Pihaknya berharap masyarakat terus melaksanakan himbauan pemerintah, serta terus berdoa semoga pandemi corona bisa segera berakhir.

Wabup juga berpesan bagi yang piket di posko agar tetap menjaga kesehatan. Selain itu juga agar lebih jeli dalam memantau pendatang atau pemudik. “Kepada Pak Camat saya berpesan agar terus melakukan sosialisasi kepada warganya untuk disiplin melawan corona, dimulai dari diri sendiri dan lingkungan,” imbuhnya.


Panuju Triangga

1 KOMENTAR