Warga Boro Kulon Purworejo Swadaya Atasi Covid-19

PURWOREJO, SM Network – Warga Perumahan Pepabri di Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo mendapat masker gratis dari Satgas Covid 19 RW setempat. Dalam pembagian masker tersebut juga diadakan sosialisasi tentang Covid-19. Sosialisasi dan pembagian masker dilakukan oleh kader kesehatan RW setenpat dengan didampingi para Ketua RT serta diawasi dari petugas Puskesmas, Kelurahan dan pengamanan dari Kodim dan Polsek setempat.

Komandan Satgas Covid-19 Perum Pepabri, Tri Budiono mengatakan pembagian masker ini merupakan instruksi dan perimtah dari pemerintah agar masyarakat setiap hari harus memakai masker dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran Covid-19. Masyarakat diminta mematuhi dan mentaati anjuran pemerintah pusat untuk memakai masker demi kebaikan kita bersama.

“Warga yang keluar masuk perumahan harus wajib mengenakan masker. Apabila tidak mengenakan masker mereka dilarang masuk atau yang keluar perumahan diminta untuk mengambil masker terlebih dahulu,” kata Tri Budi disela sela pembagian masker, pagi hari ini.

Selain pembagian masker, lanjutnya, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Perum Pepabri. Masyarakat diberitahu seluk beluk mulai dari cara penularan, penanganan jika terkena sampai dengan menjaga lingkungan sekitar agar permasalahan ini tidak terus meluas ke daerah lain.

“Jika masyarakat sudah tahu dan faham akan upaya pencegahan maka tidak butuh waktu lama dan biaya besar permasalahan ini bisa terselesaikan,” jelasnya.

Lebih lanjut, kita juga menghimbau kepada masyarakat agar kurangi bepergian bila tidak emergency, hindari social distancing maupun physicial distancing, pola hidup sehat serta rajin cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setiap selesai aktifitas maupun setelah bepergian.

“Dan yang terpenting lagi, bagi warga yang kembali dari luar negeri maupun luar kota agar segera melaporkan ke Posko Penanganan Covid-19, sekaligus melaksanakan karantina mandiri di rumahnya masing-masing,” tandasnya.

Lurah Borokulon, Muh Khabib mengapreasi kegiatan dari Satgas Covid-19 di Perum Pepabri. Adanya kegiatan swadaya dari masyarakat ini sangat membantu pemerintah dalam rangka pencegahan dan penyebaran Covid-19.

“Warga Perumahan Pepabri ini paling aktif melakukan kegiatan. Yang lainnya belum melakukan pembatasan sosial tapi disini telah melakukannya,” ujarnya.


Heru Prayogo

Tinggalkan Balasan