Wanita Asal Wonosobo Habiskan 20 Juta Untuk Mudik, Berikut Penjelasannya

ilustrasi

NASIONAL, suaramerdeka-kedu.com – Baru-baru ini kabar heboh datang dari pengakuan seorang pemudik yang mengabarkan dirinya menghabiskan biaya mudik sampai kisaran Rp. 20 Juta selama sepekan.

Karena kabar tersebut serentak menjadi perhatian netizen, hal tersebut dibagikan langsung melalui pemilik akun TikTok @susansusiloputri. Dalam konten tersebut dirinya mengaku bukan ingin mengeluh, namun hanya ingin membagikan pengalamannya bagi pemudik lainnya yang ingin mudik.

Read More

“Rp 20 Jutaan dihabiskan hanya untuk satu minggu, balik ke Jakarta mikir biaya operational buat sehari-hari kerja, bukan ngeluh tapi hanya, sharing aja #mudik #wonosobo #temanggung,” tulisnya dalam laman akun tersebut.

Video pengakuannya mudik selama sepekan itu telah ditonton lebih dari 186 ribu netizen dan menuai beragam komentar. Pemilik akun Susan Ida Susilo itu mengeluarkan biaya Rp 20 juta untuk persiapan sebelum berangkat mudik yakni servis mobil, membeli hampers hingga mengisi BBM dan e-tol.

Adapun itu dirinya membagukan rincian pengeluarannya:

  • Service mobil sebelum berangkat Rp 2,5 juta.
  • Hampers buat saudara dari pihak istri dan suami kurang lebih 16 paket jadi masing-masing 8 paket, 4 paket free kalau dadakan ke saudara yang lain di luar list (isi bervariasi, kue kaleng Monde, sirup, wafer, teh, kopi, biskuit, kurma)di sini bisa Rp 5-6 juta.
  • Perbekalan di jalan, air mineral, teh kemasan, kopi kemasan, minuman suplemen, snack, roti-rpti untuk 2 mobil, 1 mobil isi 2 orang. Jadi untuk 4 orang Rp 500 ribu.
  • Isi e-tol Rp 1 juta, BBM pakai pertamax budget Rp 1,5-2 juta tergantung macetnya, belum kalau muter-muter kota tujuan Rp 600 ribuan (hitungan 1 mobil).
    Uang receh Rp 2 ribu berjumlah Rp 200 ribu, Rp 5 ribu dengan total Rp 500 ribu buat di jalan.
  • Konsumsi makan di restoran atau rumah makan Rp 500 ribu satu kali makan, jajan misalnya somay, popmie, tahu gejrot, ngopi indomaret point atau Starbucks budget Rp 300 ribu.
  • Hotel kalau pindah kota atau kelelahan. Dan karena tidak kebagian kamar di rumah eyang, Susan memilih untuk menginap di hotel Rp 600 ribu x 4 hari = Rp 2,4 juta. Susan juga mudik ke Cilacap tempat suaminya selama dua hari dua malam. Mereka menginap di hotel yang biaya satu malam Rp 750 ribu. Untuk dua malam menjadi Rp 1,5 juta.
  • Uang THR keponakan-keponakan pecahan Rp 10 ribu dengan total Rp 1 juta, pecahan Rp 5 ribu dengan total Rp 500 ribu.
    Biaya makan selama di luar kota satu kali makan Rp 200 ribu-Rp 300 ribu x 6 hari = Rp 1,8 juta.
  • Kembali ke Bekasi, Pondok Gede, melakukan hal yang sama untuk isi BBM Rp 1,5 juta.
    Baca juga:

Dalam kesempatan yang sama, ia menyampaikan bahwa total budget yang ia persiapkan adalah sekitar Rp 25 juta dari dirinya berangkat mudik pada tanggal 1 Mei 2022 dan kembali pulang ke Bekasi 5 Mei 2022 sebelum momen arus balik.

Related posts

Leave a Reply