Wali Kota Datangi Rumah Korban Kebakaran


MAGELANG,SM Network – Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito bersama wakilnya, Windarti Agustina mendatangi rumah milik Munjilah (63) korban kebakaran di Kampung Bogeman Wetan Kelurahan Panjang, Senin (7/9). Kedatangannya sebagai wujud perhatian pada rakyatnya yang terkena musibah sambil meminta aparat setempat untuk membentuk panitia pembangunan kembali rumah tersebut.

Di sela kunjungan, Sigit mengatakan, kunjungannya ke keluarga yang terkena musibah ini sudah rutin ia lakukan selama 10 tahun kepemimpinannya. Tujuannya untuk membangkitkan motivasi sekaligus semangat baru, kepada keluarga korban.

“Pemerintah hadir untuk memberikan solusi dan dukungan baik moral maupun material. Harapannya, dengan bantuan sekadarnya ini bisa membuat keluarga kembali semangat,” ujarnya.

Sigit kemudian menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 5 juta dan Rp 1,5 juta dari PMI Kota Magelang. Dia juga meminta perangkat RT, RW, Lurah, untuk bergerak membentuk panitia pembangunan kembali rumah yang terbakar ini.

“Kita hadir di tengah-tengah masyarakat secara spontanitas membantu sekadarnya. Saya minta ketua RT dan RW bentuk panitia pembangunan kembali rumah korban. Jadi Ibu Munjilah dan sekeluarga tidak usah khawatir, pemerintah dan masyarakat hadir di sini semuanya gotong-royong sengkuyung, membangun kembali rumah ini,” katanya.

Sebagai anak yang pernah besar di Bogeman Wetan, Sigit mengaku tahu betul dengan karakter masyarakatnya. Gotong-royong dan guyub rukun masih begitu kental.

”Dulu saya mainan kelereng di depan itu, main di kali, juga sama. Masyarakat di sini terkenal dengan kerukunan dan kegotong-royongannya, sehingga kalau ada yang terkena musibah seperti ini, saya yakin semuanya akan terketuk hatinya, untuk membantu yang kesusahan,” tuturnya.

Sigit mengutarakan, kehadiran pemerintah di tengah warga yang sedang kesusahan sudah ia bangun sejak ia menjabat di periode pertama 2010-2015 lalu. Ketika mendengar informasi warganya terkena musibah, spontan mantan Kepala DPU Kota Magelang itu meninjau ke lapangan.

“Menyambangi saudara kita yang terkena musibah ini sudah saya lakukan sejak 10 tahun. Kemarin di Sanggrahan Wates, juga begitu. Kehadiran saya hanya memberi semangat, jadi supaya yang sedang kena musibah ini nggak perlu khawatir. Kita semua beri perhatian serius,” paparnya.

Dia juga berpesan, keluarga korban tidak berkecil hati. Ia meminta supaya musibah ini menjadi pelajaran bagi semua.

“Sebabnya karena kompor rusak, pas ditinggal sudah dimatikan tapi tiba-tiba bocor dan terbakar. Gini saja, saya bantu kompor dan gasnya sekalian ya,” imbuhnya.

Munjilah, korban kebakaran mengaku tak menyangka mendapat kunjungan dari Wali Kota Magelang. Meskipun ia baru saja terkena musibah, namun ia berjanji untuk segera bangkit dan siap membangun kembali rumah yang dihuni bersama keluarganya itu.

“Saya bersyukur, meskipun baru saja terkena musibah, tapi langsung dibantu, didampingi untuk bangun rumah lagi. Terima kasih sekali,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Panjang, Sonny Suharto mengemukakan, pihaknya telah membentuk panitia pembangunan kembali rumah Munjilah. Bahkan, satu Kelurahan Panjang, siap sengkuyung membantu baik secara material maupun moral.

“Yang dibutuhkan keluarga Bu Munjilah saat ini adalah dukungan. Jadi saya harapkan masyarakat Panjang bisa menunjukkan kegotong-royongan dan kebersamaan, seperti yang disampaikan Pak Wali Kota tadi,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan