Waduh, Hutan Wanagama Jadi Tempat Isolasi Mandiri

YOGYAKARYA, SM Network – Isolasi mandiri bagi mereka yang tak ingin menularkan virus corona sebaiknya dilakukan di tempat yang jauh dari kerumunan. Hutan menjadi salah satu pilihan seperti di hutan milik UGM, Wanagama, yang berada di Kabupaten Gunungkidul.
Dekan Fakultas Kehutanan UGM, Dr Budiadi mengatakan hal itu kemarin. Di hutan milik kampus tersebut terdapat 35 kamar dalam wisma dan 8 cottage yang berada di tengah belantara yang memang selama ini untuk pendidikan. Ruang-ruang bisa difungsikan sebagai ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

”Kami secara proaktif sedang mengusulkan Wisma Wanagama sebagai tempat atau lokasi isolasi warga Gunungkidul yang terinfeksi Covid-19. Universitas pun mendukung untuk meningkatkan fasilitas di sini,” tuturnya di sela-sela peninjauan ke sana.

Ia mengungkapkan menyampaikan tawaran penggunaan Wanagama sebagai tempat isolasi mandiri mendapat sambutan baik Pemkab Gunungkidul. Pemkab juga telah meninjau fasilitas yang ada di Wanagama sekaligus melakukan assasement terhadap kelayakan dan peralatan serta perlengkapan yang diperlukan untuk isolasi mandiri.

Biaya Pemkab

Camat Playen Kabupaten Gunungkidul, Muh Setyawan Indrianto mengatakan Hutan Wanagama bisa menjadi alternatif tempat karantina tidak hanya bagi warga Playen, tetapi juga masyarakat Gunungkidul. Menurutnya kebiasaan karantina di rumah tidak efektif sehingga ia berharap kerja sama dengan Wanagama dapat segera terwujud.

”Sebagai tempat isolasi mandiri di tengah hutan, semua pembiayaan selama menjalani isolasi akan di tanggung Pemkab Gunungkidul. Nanti akan kami koordinasikan dengan Pemkab,” tandasnya.

Perwakilan Dinkes Gunungkidul, dr Diah Prasetyorini mengatakan standar ruang isolasi yakni satu kamar untuk satu orang. Hal tersebut meminimalisir risiko penularan virus. Nantinya akan ada petugas kesehatan yang mendampingi pasien selama menjalani isolasi mandiri.


Agung PW

Tinggalkan Balasan