SM/dok - EDUKASI: Para pelaku usaha warga Desa Krandegan, Kecamatan Bayan, Purworejo saat diberikan edukasi untuk bertransaksi online.

PURWOREJO, SM Network – Ditengah pertumbuhan ekonomi yang menurun akibat dampak pandemi Covid-19, volume transaksi perdagangan online justru semakin meningkat. Dengan adanya fenomena itu, warga desa diajak untuk mengambil peluang dengan mengembangkan pemasaran secara online.

Hal itu seperti dilakukan Pemerintah Desa Krandegan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo dengan membuat sebuah web e-commerce untuk mendukung transaksi online bagi warganya. Dalam web yang bernama “tokodesaku” itu warga dapat memajang dan menjual dagangan miliknya.

Kepala Desa Krandegan, Dwinanto, mengatakan bahwa sejak adanya pandemi Covid-19, sektor ekonomi menjadi salah satu sektor yang terdampak sangat serius. Pertumbuhan ekonomi menurun, bahkan minus. Belasan negara sudah mengumumkan terperangkap ke jurang resesi yang dalam. Dunia usaha limbung, karena menurunnya jumlah omzet dari transaksi yang mereka lakukan.

“Tapi bertolak belakang dari situasi itu, ada sebuah fenomena menarik yang patut dicermati, yaitu kondisi dimana volume transaksi perdagangan online justru makin meningkat, berbanding terbalik dengan volume transaksi offline yang terjun bebas,” ungkap Dwinanto, Senin (28/9)/

Menurutnya, para pelaku usaha di desa juga tidak lepas dari dampak negatif pandemi. Hampir semua dari mereka mengeluhkan penurunan omzet penjualan sejak awal pandemi, bahkan banyak juga yang harus gulung tikar. Menyikapi hal itu, Pemerintah Desa Krandegan berupaya mencarikan solusi sekaligus untuk merespon tuntutan jaman dengan adanya revolusi industri 4.0 yang sudah dimulai.

“Kami membuat sebuah web e-commerce untuk mendukung transaksi online.Toko online tokodesaku.id ini memajang dan menjual dagangan milik warga Krandegan,” tuturnya.

Dwinanto menambahkan, dengan adanya toko online ini para pedagang bisa menawarkan aneka barang dagangannya melalui web dengan jangkauan lebih luas. Di sisi lain, warga lainnya juga bisa berbelanja secara online dari web tersebut. Berbekal ponsel android, warga bisa melakukan transaksi jual-beli melalui web yang ada.

“Tim IT kami juga terus melakukan peningkatan fasilitas dan fitur di web e-commerce ini agar lebih aman, nyaman, dan memudahkan. Harapan ke depan, ini menjadi toko online yang besar dan berdampak secara signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan warga,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here