SM/dok - Headshoot: Fahreza Okasahisnu

MAGELANG, SM Network – Nama Fahreza Okasahisnu mendadak populer/viral di dunia maya saat ini. Pemuda 21 tahun asal Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang ini diketahui merupakan salah satu pembuat efek atau filter di media sosial Instagram (IG) yang banyak digunakan saat sekarang.

Tak tanggung-tanggung, pemilik nama panggung Fahrezaos ini sudah memiliki 67 filter dengan berbagai jenis, seperti game, warna, typography, dan sebagainya. Filternya ini tidak hanya digunakan oleh pengguna IG biasa, tapi juga selebgram (selebriti Instagram, red).

Ditemui dalam sebuah kesempatan, Selasa (19/2), Fahreza mengaku, awalnya hanya iseng membuat filter di IG. Kala itu masa liburan kuliah yang sangat senggang diisinya dengan membuat filter IG. Filter karyanya ini pun semula hanya dibagikan ke teman-teman dekatnya saja.

“Ga terasa tahu-tahu kelewatan juga saya membuatnya hingga 67 buah dengan beragam jenis. Saya juga kaget tiba-tiba viral dan banyak yang follow saya hingga saat ini terus bertambah,” ujarnya.

Dia menuturkan, aplikasi IG dulu hanya digunakan untuk berbagi foto dan video saja. Namun, saat ini pihak IG memberi kesempatan kepada orang-orang kreatif untuk mengeluarkan semua karya mereka dalam bentuk efek atau sering disebut filter IG.

“Sekarang banyak sekali pengguna IG bahkan artis yang menggunakan filter IG,” katanya yang membuat filter IG paling populer bernama Which Mixed-Raced dan Sebutkan! Ini.

Fahreza mengutarakan, sebelum membuat filter IG terlebih dahulu sering membuat desain dan edit gambar. Kemudian mulai mencoba membuat filter IG secara otodidak. Awal terasa sulit, karena belum mengerti sama sekali sebelumnya.

“Awalnya sulit banget membuatnya, dan harus membuat sekreatif mungkin. Lama-lama terasa mudah hingga ga terasa sampai bisa membuat sebanyak itu,” tuturnya.

Sebelumnya lagi, Fahreza sempat menjadi developer dan pemilik salah satu server game dari GTA 5 Roleplay yang sempat ramai juga pada masanya. Bahkan, server game ini pernah masuk top 3 se-Indonesia pada tahun 2019 lalu.

“Income dari server game ini lumayan. Sampai sekarang masih saya tekuni sambil terus berkarya di filter IG,” akunya.

Sejak filternya viral digunakan oleh banyak pengguna IG baik di Indonesia maupun luar negeri, jumlah pengikutnya di IG dengan akun @fahrezaos terus bertambah hingga mencapai 77 ribu lebih. Orderan pembuatan filter pun banyak masuk ke dirinya, termasuk dari brand-brand besar.

“Artis dan selebgram banyak yang pesan, seperti Arief Muhammad, Harbatah, AA Utap, Edhozell, dan lainnya. Ga nyangka juga banyak pengikutnya di IG, apalagi selebgram, dan banyak juga yang menawarkan kerja sama baik membuat filter maupun endorse produk mereka,” paparnya.

Menariknya, cowok berbadan kurus tinggi ini hanya bermodalkan kemampuan di coding basic dalam pembuatan servernya. Hal ini mengingat jurusan kuliah yang ditempuh di UPN Veteran Yogyakarta tidak sejalan dengan apa yang dilakukannya saat ini, yakni jurusan ekonomi pembangunan.

“Saya sangat bersyukur karya saya bisa diterima masyarakat luas. Harapannya saya semoga karya saya ini dapat berguna dan menghibur masyarakat,” ungkapnya.


Asef Amani