ilustrasi

SM Network – Jagad sosial media dihebohkan video kemunculan bola api di langit wilayah Curug, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Banyak warga menyebut kemunculan itu terkait dengan mistis atau adanya peristiwa santet.

Kemunculan video itu menjadi viral setelah diunggah oleh salah satu akun media sosial pada Minggu malam, 14 Juni 2020. Video itu berdurasi lima detik. Terlihat penampakan benda bercahaya merah yang jatuh dari langit. Terdengar suara seorang pria yang berteriak, “santet-santet-santet-santet”.

Dari unggahan itu, disebut kalau kemunculan bola itu pada pukul 21.45 WIB, Minggu, 13 Juni 2020. Tapi menurut Kapolsek Sawangan, Komisaris Polisi Suprasetyo, kemunculan bola api tidak ada kaitan dengan kejadian mistis.

Menurutnya, benda tersebut adalah lampion yang diterbangkan warga saat hari Lebaran. Tepatnya 1 pekan setelah hari raya Lebaran.

Suprasetyo meminta kepada warga Depok  tidak mempercayai kejadian kemunculan bola api yang dikaitkan dengan kejadian mistis. Apalagi terkait dengan peristiwa santet. Dia minta warga tidak mudah percaya dengan kejadian yang belum jelas kebenarannya. 

“Marilah kita bijak dalam menyikapi segala sesuatu, jangan mudah percaya dengan hal-hal yang tidak jelas kebenarannya,” katanya.