Vaksinasi Tahap Dua Disediakan 10 Ribu Dosis

KEBUMEN, SM Network – Vaksinasi dalam rangka pencegahan Covid-19 kembali dilaksanakan. Kali ini, vaksinasi yang masuk tahap dua itu menyasar TNI, Polri, ASN, Anggota DPRD Kebumen, pengusaha, tokoh agama, wartawan dan atlet dengan jumlah sebanyak 5.000 orang.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut berlangsung di dua tempat yakni Gedung Setda Kebumen dan Polres Kebumen. Sedianya juga dilaksanakan di Kodim 0709 Kebumen, namun masih menunggu instruksi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen Kusbiantoro saat ditemui di Gedung Setda mengatakan, untuk vaksinasi tahap kedua ini tersedia 10 ribu dosis vaksin. “Pelaksanaan vaksinasinya dijadwalkan dua hari. Di Gedung Setda, pada Rabu (24/2) diikuti sebanyak 3.500 orang dan sisanya dilaksanakan Kamis (25/2),” katanya.

Vaksinasi juga dilaksanakan di Polres Kebumen dengan kuota sekitar 900 orang. Sedangkan di Kodim 0709 Kebumen yang mendapatkan kuota sekitar 600 orang, ditunda karena masih menunggu instruksi lebih lanjut.

Kusbiantoro menambahkan, bagi yang telah divaksin akan divaksin kembali setelah 14 hari kemudian untuk rentang usia antara 18 hingga 59 tahun. Sedangkan untuk lansia antara usia 60 tahun ke atas harus menunggu selama 28 hari untuk kembali diberikan vaksinasi.

Usai divaksin, para peserta akan mendapatkan surat keterangan sudah divaksin. Surat tersebut kemudian digunakan kembali untuk mendaftar pada vaksinasi kedua. Akan tetapi untuk vaksinasi selanjutnya akan dilaksanakan di Puskesmas dan rumah sakit setempat.

“Hari ini, masing-masing peserta mendapatkan surat keterangan atau kartu sertifikat vaksinasi tahap satu atau suntikan pertama,” ucapnya.

Disebutkan, vaksinasi bukan suatu langkah terakhir dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 secara komprehensif. Akan tetapi semua dikembalikan kepada perilaku masyarakat. Jadi, usai dilakukan vaksinasi bukan berarti terbebas dari Covid-19. Untuk itu masyarakat diminta tetap mengedepankan protokol kesehatan.

” Sekali lagi penyakit menular seperti halnya Covid-19 sangat tergantung dari perilaku kita, maka tetap patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3 M atau 5 M, di antaranya mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakainmasker,” terangnya.

Tinggalkan Balasan