SM/Asef F Amani - VAKSINASI: Salah seorang wartawan di Kota Magelang mengikuti vaksinasi Covid-19 gelombang kedua di Balai Pengobatan Kompleks Kantor Dinas Kesehatan Kota Magelang.

Wartawan Turut Divaksin

MAGELANG, SM Network – Vaksinasi Covid-19 mulai menyasar kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkot Magelang. Penyuntikan vaksin dilakukan oleh vaksinator di Balai Pengobatan Kompleks Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, Selasa (23/2).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Magelang, dr Majid Rohmawanto mengatakan, vaksinasi Covid-19 gelombang ke-2 ini menyasar petugas pelayanan publik di Kota Magelang yang dilaksanakan mulai 23 sampai 27 Februari 2021. Sasaran meliputi ASN, termasuk TNI, Polri, anggota DPRD, wartawan, dan lainnya.

“Wartawan ikut menjadi sasaran prioritas vaksin Covid-19, karena pekerjaan mereka berisiko tinggi terpapar Covid-19,” ujarnya.

Vaksinasi Covid-19 gelombang 1 sudah dilaksanakan pada 25-28 Januari 2021 lalu dengan sasaran prioritas sumber daya manusia kesehatan (SDMK) dan beberapa tokoh publik, yakni kepala daerah dan pejabat Forkompimda Kota Magelang

Dikatakan Majid, pada gelombang ke-2 Kota Magelang menerima 1.000 vial vaksin Covid-19 merk Sinovac untuk sekitar 4.500 orang sasaran. Menurutnya, jatah tersebut dirasa masih kurang mengingat sasaran yang perlu di vaksin di Kota Magelang ada lebih dari 9.000 orang.

“Fasilitas Kesehatan (Fakes) yang melayani vaksinasi, jika sebelumnya ada 19 tempat, untuk gelombang ke-2 ini ditambah jadi 21 faskes. Tambahan baru yakni RS Gladiol dan Puri Agung,” katanya.

Dia menambahkan, proses vaksinasi dilaksanakan sesuai jadwal dan faskes yang ditentukan agar tidak terjadi penumpukan. Untuk prosedur masih sama, calon penerima harus melewati skrining kesehatan sebelum dinyatakan layak untuk disuntik vaksin Covid-19.

“Setelah divaksin, penerima akan mendapatkan kartu tanda sudah disuntik vaksin dan selanjutnya akan divaksin dosis ke-2 pada 9 Maret 2021,” jelasnya.