Vaksinasi Di Wonosobo Akan Dimulai Minggu ke-3 Januari

WONOSOBO, SM Network – Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Wonosobo rencananya akan dimulai pada Minggu ke-3 Januari mendatang. 3000 tenaga kesehatan (Nakes) akan menjadi prioritas pada vaksinasi tahap pertama ini.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Wonosobo, Jaelan Sulat mengatakan, 28 fasilitas kesehatan telah ditetapkan sebagai pelaksana vaksinasi Covid-19 dengan rincian, 24 Puskesmas, 3 Rumah Sakit, dan 1 Klinik Pratama milik Polres Wonosobo.

“Logistik vaksin dan bahan habis pakai kemungkinan datang pada Minggu ke-2. Kita pastikan semua Nakes termasuk swasta dan praktik mandiri tidak ada yang terlewat. Semua harus masuk dalam System Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDK),” jelasnya saat dihubungi, Senin (4/1).

Jailan menyebut, persiapan vaksinasi sudah dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo sejak Desember 2020 lalu. Memasuki awal Januari, persiapan terus dilakukan untuk mensukseskan vaksinasi yang akan dilakukan secara bertahap itu.

“Minggu ini ada pelatihan aplikasi P-care dan smile BPJS Kesehatan untuk registrasi, skrining, pencatatan, termasuk logistik. Pembentukan Pokja KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) juga sedang berproses, dengan melibatkan dokter spesialis di semua Rumah Sakit dan dokter umum di Puskesmas maupun Klinik,” terangnya.

Diberitakan, Sebanyak 62.560 dosis vaksin Covid-19 Sinovac telah mendarat di Jawa Tengah, Senin (4/1) dinihari. Data sasaran penerima vaksin, lanjut Jailan, masih berproses di bidang Pelayanan dan SDK.

Senada dengan Jailan, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Wonosobo, Muhamad Riyatno menyebut, data vaksin yang akian digelontorkan untuk Kabupaten Wonosobo masih dalam proses.

“Datanya belum ada, karena update penerima vaksin baru kita selesaikan sesuai kesepakatan tanggal 3 kemarin,” ujar Riyatno melalui pesan singkat.

Sekretaris Daerah Wonosobo, One Andang Wardoyo mengatakan, sejumlah aturan seperti pembatasan jam malam masih diterapkan untuk mencegah penularan. Masyarakat diminta Andang untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan, mengingat penularan Covid-19 di Wonosobo masih massif. Hingga Senin (4/1), pasien Covid-19 di Wonosobo telah mencapai 4.286 kasus.

Tinggalkan Balasan