Vaksin Sinovac Siap Didistribusikan

JOGJAKARTA, SM Network – Vaksin Sinovac buatan china untuk melawan virus corona mengatasi pandemi COVID-19 dikirim menggunakan dua unit mobil boks Instalasi Farmasi dari Dinkes DIY dengan pengawalan ketat aparat kepolisian, tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (13/1).

Vaksin tersebut rencananya akan akan mulai didistribusikan secara bertahap ke 52 faskes yang menjadi lokasi vaksin tahap pertama, se-Sleman. Hari ini Kamis (14/1) besok. sebanyak 10 tokoh yang ada di Sleman secara serentak akan menerima vaksin di Puskesmas Ngemplak II.

“Vaksin tersebut akan mulai didistribusikan secara bertahap ke 52 faskes yang menjadi lokasi vaksin tahap pertama, se-Sleman,” jelas Kepala Bidang Sumber Data Kesehatan Dinkes Sleman Atikah Nurhesti.

Atikah menerangkan di tiap faskes yang menjadi lokasi vaksin, sudah memiliki tempat penyimpanan khusus untuk vaksin.

Setelah sepuluh tokoh, pemberian vaksin dilanjutkan untuk tenaga kesehatan maupun tenaga non kesehatan yang bekerja di faskes.

“Tokoh tersebut yakni Bupati Sleman, Dandim, Kapolres, Kajari, Ketua Dewan, Tokoh Agama dari Kemenag, Ketua Dharma Wanita yang diwakili oleh wakilnya, serta dari organisasi profesi kesehatan diwakili oleh dr.Tirta Hudi,” terangnya.

Data dari Dinkes, nakes maupun non nakes yang akan diberi vaksin tahap pertama sebanyak 12.342 orang.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo menyebutkan Sleman menjadi daerah yang lebih dulu menerima vaksin Covid-19 di wilayah DIY. Jika mengacu pada catatan Dinkes DIY, Kabupaten Sleman mendapatkan vaksin sebanyak 12.342 dosis.

“Jumlah tersebut lebih banyak dari yang diterima Kota Jogja, yakni sebanyak 9.728 dosis, sedangkan untuk total jatah vaksin Sinovac di DIY sendiri sebanyak 26.800 dosis,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan