UTBK Untidar Wajib Penuhi Protokol Kesehatan

MAGELANG, SM Network – Protokol kesehatan wajib dipenuhi oleh Universitas Tidar (Untidar) yang akan melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020. Menurut rencana, UTBK bakal digelar pada 5-14 Juli mendatang.

Rektor Untidar, Prof Dr Ir Mukh Arifin MSc mengatakan, mengikuti prosedur protokol kesehatan sudah sesuai dengan ketentuan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Maka, pihaknya minta kerja sama panitia dan mitra agar pelaksanaan UTBK berjalan lancar.

“Alur pelaksanaan ujian dan sarana prasarana menyesuaikan protokol kesehatan Covid-19. Kami juga telah berkoordinasi dengan satgas Covid-19 Kota dan Kabupaten Magelang,” ujarnya dalam keterangan persnya, Sabtu (20/6).

Dia menuturkan, sampai pada Sabtu (20/6) jam 13.00 sebanyak 6.991 peserta telah terdaftar mengikuti ujian di Pusat UTBK Untidar dari 10.830 kuota yang disediakan. Pendaftaran UTBK ditutup nanti malam pukul 22.00.

“Peserta UTBK dianjurkan mengikuti ujian di lokasi terdekat dengan rumahnya masing-masing. Alur pelaksanaan UTBK serta denah lokasi akan diunggah di laman resmi Untidar. Peserta disarankan tidak mengecek lokasi secara langsung,” katanya.

Koordinator Pelaksana Pusat UTBK Untidar, Arnanda Yusliwidaka menambahkan, pusat UTBK Untidar terdiri dari 5 lokasi ujian, yaitu kampus Untidar, SMA 1 Magelang, SMA 4 Magelang, SMK 1 Magelang, dan MAN 1 Magelang. Total perangkat komputer yang disediakan sebanyak 285 buah.

Pada UTBK 2020 ini, katanya, mengalami banyak penyesuaian sesuai protokol kesehatan Covid-19. Pelaksanaan UTBK dibagi 4 sesi dalam 1 hari dengan materi yang diujikan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). Peserta wajib hadir 60 menit sebelum jadwal ujian dimulai dan wajib mengikuti pengecekan kesehatan.

“Peserta harus menggunakan masker, berpakaian rapi, dan bersepatu. Hanya peserta yang diperbolehkan masuk lokasi ujian. Petugas akan melakukan pengecekan kesehatan, administrasi, dan menggunakan sarung tangan yang diberikan kepada setiap peserta sebelum masuk ruang ujian,” jelasnya.

Dia menyebutkan, khusus peserta tunanetra akan melaksanakan ujian pada 10 Juli 2020 dan mendapatkan pendampingan khusus dari panitia. Hasil UTBK digunakan untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Berbeda dari tahun sebelumnya, peserta telah memilih prodi dan universitas di saat mendaftar UTBK. Pengumuman SBMPTN dapat diakses pada 25 Juli 2020,” paparnya.


Asef Aman

Tinggalkan Balasan