ilustrasi

SM Network – Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) warga Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, meninggal di RSUD Tidar, Senin (27/4/2020). Sebelumnya, pasien masuk rumah sakit tanggal 22 April kemarin.

Sementara update data perkembangan Covid-19 hingga pukul 15.00, jumlah PDP yang meninggal kini berjumlah 17 orang dan seorang terkonfirmasi positif. Selain ada yang meninggal, ada dua PDP baru dari Kecamatan Bandongan dan Mungkid.

“Untuk yang sembuh hari ini, ada dua orang. Jadi PDP yang masih dirawat, ada 16 orang dan yang sembuh total ada 88 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP), lanjut Nanda, saat ini ada 93 orang. Rinciannya, 92 ODP kemarin dikurangi 8 orang yang lolos pemantauan, namun ada penambahan 9 ODP baru.

“Untuk yang terkonfirmasi positif, hingga kini ada 18 orang. lima diantaranya yang mempunyai riwayat mengikuti Itjimak Ulama di Gowa Sulawesi Selatan saat ini kelimanya telah dirawat di rumah sakit. Yakni dua di RSJ prof Soerojo dan tiga di RSUD Muntilan. Sebelumnya mereka menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan ketat petugas kesehatan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu pihaknya kembali mengingatkan warga akan himbauan Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP agar bersama-sama memutus penyebaran Covid-19 dengan selama Ramadan tetap beribadah di rumah saja, tetap tinggal dirumah, jaga jarak minimal satu sampai dua meter, menunda mudik, selalu mencuci tangan dengan sabun, jaga daya tahan tubuh, konsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin. “Kemudian bekerja, belajar dirumah dan selalu gunakan masker,” pungkasnya.


SM Network/kr/bag