SM/Dok

WONOSOBO, SM Network – Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo kembali menggelar program Ramadhan In Campus (RIC) bertajuk seminar akademik ramadhan dengan tema “Integrasi Al-Qur’an dengan Sain Program Studi UNSIQ”. Program telah berlangsung sejak 13 April hingga 11 Mei 2021 mendatang di masjid kampus setempat.

Ketua Panitia Mustofa Kamal mengatakan program Ramadhan In Campus merupakan program tahunan yang diselenggarakan setiap bulan Ramadan. Pertama dilaksanakan pada tahun 2019. Tahun 2020 program tidak dilaksanakan karena adanya pandemic korona yang kemudian dilanjutkan pada tahun 2021 ini.

“Untuk bulan suci Ramadhan tahun ini, walaupun masih dalam keadaan pandemi covid-19, agenda Ramadhan In Campus tetap dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan, dengan sistem ofline dengan peserta maksimal 50 orang serta Online Via Zoom Meating dan Live Streaming YouTube Unsiq Media Center”, tutur Dr. Kamal.

Rangkaian Ramadhan in campus terdiri dari sholat ashar berjamaah, seminar akademik, kultum, buka bersama, tarawih, khotmil qur’an dan lainnya. Program ini melibatkan seluruh program studi dan lembaga di unsiq untuk menjadi bagian pengisi rangkaian kegiatan tersebut.

Untuk seminar akademik setiap program studi dibebaskan memilih tema pembahasan dan juga narasumber, baik dari Lokal, Nasional hingga Internasional seperti kolaborasi dengan Universitas Islam Malaysia (USIM).

Agenda Ramadhan In Campus dibuka oleh program studi teknik informatika dengan rangkain santunan anak yatim-piatu dan seminar akademik dengan tema “Rahasia Menggapai 9 Pintu Rezqi Menggunakan Probabilistic Parsing Natural Language Processing” dengan narasumber Mahar Nurhidayato, M.Kom, Dr. Nurul Hidayat dan Ustadz Wijayanto, yang telah dilaksanakan pada Selasa(13/04) kemarin. (Sofiyanto/Kim)