KEBUMEN, SM Network – Pada umumnya masjid berbentuk persegi empat. Namun berbeda dengan masjid di Desa Tunjungseto, Kecamatan Sempor, kebumen. Selain bangunannya yang berbentuk segi lima, masjid ini juga disertai dengan ornamen yang unik.

Inilah masjid Pancasila yang terletak di Kecamatan Sempor dengan gaya arsitektur yang unik. Bangunan masjid ini berbentuk segi lima. Langit-langit masjid pun berbentuk segi lima dengan ornament bergaris yang bertemu di satu titik utama berbentuk segi lima pula.

Selain itu, tiang utama masjid juga berjumlah lima. Hal tersebut menggambarkan sebuah kesatuan, di mana berdiri satu di depan sebagai pemimpin. Pada lima penjuru masjid terdapat pintu sebagai lambang bahwa diharapkan masjid ini mampu mewadahi keanekaragaman dari berbagai kelompok masyarakat.

“Sedangkan satu penjuru berupa kiblat yaitu melambangkan arah dan tujuan yang satu,” ujar Takmir Masjid Pancasila Ustad Joko Purnomo.

Masih Aktif

Masjid Pancasila dibangun tahun 1967 dan diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik tahun 1978. Pada bagian luar dinding masjid bermotif bebatuan sedangkan pada bagian luar kanan dan kiri bangunan terdapat tulisan kaligrafi.

Masjid Pancasila merupakan salah satu masjid yang terbesar di Kecamatan Sempor. Hingga saat ini masjid tersebut masih aktif digunakan untuk beribadah oleh warga sekitar baik salat lima waktu, Jumat maupun sholat taraweh.

Sebagai terobosan untuk memakmurkan masjid, takmir masjid menyediakan taman bermain di halaman masjid. Hal tersebut untuk menarik ana-anak agar semakin dekat dengan masjid.
Pada bulan Ramadan seperti saat ini taman bermain ini selalu ramai dikunjungi warga pada setiap harinya, terutama menjelang berbuka puasa.


Supriyanto

2 KOMENTAR