Unik, Desa Ini Ubah Sampah Menjadi Produk Yang Bernilai Jual

MUNGKID, SM Network – Keberadaan sampah kerap menjadi masalah di tengah masyarakat. Namun di tangan warga Dusun Sudisari 2, Desa Adikarto, Kecamatan Muntilan sampah disulap menjadi barang-barang menarik yang berguna dan bernilai tinggi.

Bermula pada tahun 2014 oleh salah satu warga, Atik Pratiwi, yang terinspirasi oleh bank sampah yang sudah berdiri di daerah lain dan berhasil mengelola limbah dari warga desanya. Bank sampah yang dinamai dengan bank sampah Sumber Rejeki ini dikelola oleh ibu-ibu warga setempat, dan bank sampah tersebut rutin membeli sampah dari warga sebesar Rp 400/kg.

“Kami menerima semua jenis sampah kecuali pempers dan sampah basah. Untuk sampah organik kami jadikan pupuk kompos yang nantinya akan kita jual juga, sedangkan untuk sampah non organik kami olah menjadi berbagai macam cindera mata,” ujar Atik.

Ditangan ibu-ibu warga Sudisari 2 sampah disulap menjadi berbagai macam barang yang cantik seperti bunga, tas, sovenir, gantungan kunci, bahkan mainan anak-anak.

“Nantinya barang-barang tersebut akan kami jual, kalo tamu datang pasti ada yang beli, anak sekolah juga banyak yang beli kesini,” paparnya.

Kegiatan ibu-ibu warga Dusun Sudisari 2, Desa Adikarto saat memilah sampah yang akan diolah menjadi berbagai macam cinderamata

Tiga Kali Dalam Setahun

Setiap tiga kali dalam setahun, lanjutnya kami juga rutin mengikuti pameran yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Harga yang dibandrol untuk setiap barang kreasi berkisar Rp 5000 hingga Rp 150.000, sedangkan untuk pupuk kompos dihargai sebanyak Rp 3.000/kg.

“Untuk pembuatan barang kreasi ini seperti buket bunga dan lain-lain, kami hanya memerlukan waktu 2-3 jam karena dilakukan bersama-sama. Sedangkan pembuatan pupuk kompos diperlukan waktu satu bulan,” jelas Atik.

Untuk diketahui bank sampah Sumber Rejeki ini, selama dua tahun berturut-turut (2018 dan 2019) mendapatkan predikat best of the best se Kabupaten Magelang dari Unilever. ” Dan setiap tahunnya kami juga sering mendapatkan juara dari perlombaan yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang,” ungkapnya.


Dian Nurlita

3 Komentar

  1. 797694 448165It is perfect time to make some plans for the future and it is time to be happy. Ive read this post and if I could I wish to suggest you some intriguing issues or suggestions. Maybe you can write next articles referring to this post. I want to read even far more issues about it! 607981

  2. 717749 521800Fantastic aid from this weblog! Thanks alot for the data I required 550901

  3. 32978 211852Reading, watching movies or plays, or comparable activities that may well bring inspiration. 49593

Tinggalkan Balasan