Undian Tata Letak, Arif-Rista di Posisi Kanan

KEBUMEN, SM Network  – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kebumen H Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih mendapatkan posisi kanan pada undian tata letak yang digelar oleh KPU Kebumen, Kamis (24/9/2020).
Karena pasangan calon hanya satu orang saja, dalam surat suara tidak disertakan nomor urut. Dalam surat suara nantinya kolom kosong berada di sebelah kiri. 

Pengundian tata letak dihadiri langsung oleh paslon Arif Sugiyanto dan Ristawati. Tampak hadir sejumlah pimpinan parpol pengusung. Tampak Ketua DPC PDI Perjuangan Saiful Hadi, DPD Partai Golkar Halimah Nurhayati, Ketua DPC PPP Muhsinun.

Usai pengundian tata letak dilanjutkan penandatangan deklarasi dan komitmen serta pakta integritas calon bupati dan wakil bupati untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Acara dihadiri Ketua Bawaslu Arif Supriyanto, dan Forkopimda Kebumen.

Ketua KPU Kebumen Yulianto mengatakan, tahapan selanjutnya adalah masa kampanye yang berlangsung selama 71 hari mulai tanggal 26 September hingga 5 Desember 2020. Pelaksanaan kampanye Pilbup diatur dalam PKPU Nomor 4 Tahun 2017.

Aturan pelaksanaan dalam kondisi pandemi mengacu pada PKPU Nomor 6 Tahun 2020 Jo PKPU Nomor 10 Tahun 2020. Beberapa aturan kampanye yang perlu dicermati seperti penerapan protokol kesehatan di setiap kegiatan kampanye.

Seperti pembatasan jumlah peserta kampanye pilbup yakni maksimal 50 peserta untuk pertemuan terbatas/tatap muka. Kemudian 100 peserta untuk kampanye terbuka (rapat umum), physical distancing minimal satu meter, pemakaian masker, dan lain sebagainya.

Sesuai amanah regulasi, KPU juga memfasilitasi alat peraga kampanye dan bahan kampanye untuk paslon yang telah ditetapkan. Jika dirasa kurang mencukupi, tim kampanye paslon dapat menambah jumlah APK dan BK maksimal dua kali lipat dari jumlah yang difasilitasi oleh KPU. KPU Fasilitasi Iklan Kampanye.

Selain itu, KPU juga memfasilitasi iklan kampanye yang akan disiarkan pada 14 hari terakhir masa kampanye. KPU berharap baik peserta, pemilih dan penyelenggara ditambah dengan media sebagai mitra sosialisasi dapat bersama-sama saling bersinergi melaksanakan Pilbup Kebumen dengan aman, tertib, damai dan sehat sesuai protokol kesehatan.

Pengamanan Pilbup

Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan pihaknya akan melakukan penjagaan di kantor KPU Kebumen. Penjagaan merupakan bagian dari pengamanan yang harus dilakukan oleh Polri dalam tahapan Pilbup 2020 baik sebelum, pada saat, dan setelah pencoblosan Pilbup 2020.

“Polres Kebumen sudah siap mengamankan dalam setiap tahapan Pilbup 2020 di Kebumen, semua dilaksanakan dengan cara protokol kesehatan,” ujar Kapolres.

Kepada Petugas pengamanan baik dari Kepolisian maupun KPU, Kapolres berpesan agar Petugas selalu siap siaga, dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Laksanakan tugas dengan baik, cermat dan profesional. Jangan lengah, lakukan dengan penuh tanggung jawab dan yang paling penting jaga kesehatan, selalu gunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan rutin,” pesan Kapolres Kebumen.

Tinggalkan Balasan