SM/Arif Widodo - BERI SOSIALISASI : Anggota DPR / MPR RI, KH Muslich Zainal Abidin memberi sosialisasi empat pilar kebangsaan di Hotel Mexolie Kebumen, Senin (23/11).

KEBUMEN, SM Network – Anggota DPR / MPR RI KH Muslich Zainal Abidin menegaskan bahwa umat Islam harus berpancasila. Hal itu ditegaskan Anggota DPR RI Komisi 8 yang berangkat dari daerah pemilihan (Dapil) VI meliputi Magelang, Wonosobo dan Purworejo saat menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Hotel Mexolie Kebumen, Senin (23/11).

Dalam kesempatan tersebut, KH Muslich yang Wakil Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu pun menyapa para kader di Kebumen. Ia menjelaskan terkait Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 45 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Pancasila itu digali oleh alim ulama. Jadi, umat Islam harus berpancasila,” tegasnya seraya memekikkan Pancasila Jaya dan NKRI Harga Mati. Sosialisasi tersebut dipandu oleh Mantan Anggota DPRD Kebumen Akhmad Khaeroni.

KH Muslich yang pernah menjadi Panglima Besar Jihad Wilayah Jawa dan Bali itu juga menyinggung Kebumen yang masuk Dapil VII, tetapi periode ini tidak memiliki wakil dari PPP di DPR RI. Padahal sebelumnya selalu ada. Dengan banyaknya kursi yang diraih PPP, diharapkan perundang-undangan yang ada tidak melenceng dari nilai-nilai Islam.

Mengingat, PPP merupakan satu-satunya partai yang berazaskan Islam. Karena itu, KH Muslich yang masih keluarga Pondok Pesantren Tegalrejo Magelang itu menekankan agar pada Pemilu 2024 bisa mendapatkan kursi DPR RI di Dapil VII yang meliputi Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga. Bahkan di DPRD Kebumen bisa kembali seperti Pemilu 2009 atau lebih, yakni menjadi 7 kursi pada Pemilu serentak mendatang.

Sebelum sosialisasi empat pilar kebangsaan itu diisi pelantikan PC Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) Kebumen yang diketuai Siti Masithoh. Pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua PW WPP Jawa Tengah Zumrotus Sangadah. Hadir perwakilan DPW PPP Jateng Inna Hadianala, Ketua DPC PPP Kebumen Mukhsinun dan Calon Wakil Bupati Kebumen Ristawati.

Inna Hadianala menyampaikan jika perempuan ada yang menjadi calon, maka wajib disupport. WPP sebagai organisasi sayap PPP pun harus memberi semangat kepada Ristawati demi majunya PPP. “Semoga ke depannya semakin bermanfaat dan menumbuhkan semangat,” ucapnya.