Umat Islam Arab Banyak yang Murtad Karena Corona, Cek Faktanya

SM Network – Beredar video di media sosial dengan klaim pembukaan gereja di Mekkah. Diantaranya diunggah akun youtube “Yang Tersembunyi” pada 15 Januari 2020.

Berikut keterangan video tersebut:

“Pembukaan gereja di Mekah yang dihadiri oleh Pangeran Kerajaan Arab Saudi. Pembukaan gereja ini sebagai wujud toleransi dan kebersamaan antara warga Arab muslim dan Arab Kristen di Arab Saudi”. Video tersebut dibagikan akun facebook Ruztam Bolang dengan menambahkan narasi pandemi corona. Berikut status akun tersebut:

“Puji Tuhan, setelah adanya virus covid-19. Umat Islam Arab banyak yang murtad”

Verifikasi Fakta

Mengutip turnbackhoax.id, setelah dilakukan penelusuran, video serupa diunggah akun youtube Emirates News Agency dengan judul bahasa Arab. Bila diterjemahkan video tersebut berjudul “Gereja Ortodoks Koptik di Abu Dhabi Menghargai Metodologi Emirates Tengah”.

Lalu pada pemberitaan media lain, diantaranya media UEA alroeya.com mempublikasikan berita dengan judul “Gereja Ortodoks Koptik di Abu Dhabi menghargai metodologi negara tengah”. Pemberitaan dengan substansi serupa juga ditayangkan albayan.ae dengan judul “Gereja Ortodoks Koptik di AbubDhabi menghargai Negara Tengah. Nahyan bin Mubarak: UEA adalah model konsistensi dan perdamaian”.

Berdasarkan pemberitaan media di atas, klaim pembukaan gereja di Mekah akibat corona adalah hoaks. Konten ini masuk dalam kategori false context.


SM/Viva

Tinggalkan Balasan