Tujuh ASN Sleman Reaktif Rapid Test

SLEMAN, SM Network – Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sleman yang pernah berkunjung ke supermarket Indogrosir, turut menjadi sasaran rapid diagnostic test (RDT). Dari 250 kuota yang disediakan, ada 128 ASN yang mengikuti rapid test massal pada Sabtu (16/5).
Sementara, data pegawai pemerintah yang berbelanja di Indogrosir Jalan Magelang km 6 selama periode 19 April-4 Mei 2020 berjumlah 179 orang. “Selebihnya sudah menjalani tes mandiri maupun tes di puskesmas,” kata Juru Bicara Gugur Tugas Penanganan Covid-19 Sleman Shavitri Nurmala Dewi, Sabtu (16/5).

Selain ASN Pemkab Sleman, rapid test massal ini juga dilakukan terhadap 67 petugas lapangan BPBD, dan 54 pegawai PMI. Hasilnya, 7 ASN dinyatakan reaktif sedangkan petugas BPBD dan PMI Sleman yang reaktif masing-masing berjumlah 2 dan 5 orang. Bagi peserta rapid test yang reaktif, akan difasilitasi oleh petugas puskesmas sesuai domisili untuk diantar ke pusat karantina kesehatan di Asrama Haji. RDT massal ini adalah lanjutan dari kegiatan serupa yang dilaksanakan tanggal 12-14 Mei 2020.

Namun kala itu, sasarannya adalah masyarakat umum yang belanja ke Indogrosir dalam rentang periode 19 April-4 Mei 2020. Hasilnya, 52 orang reaktif saat diuji dengan RDT kit. Mereka juga ditempatkan di Asrama Haji untuk kemudian dilakukan pemeriksaan swab tenggorok.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Joko Hastaryo mengatakan, ASN yang hasil rapid test negatif pada tahap pertama akan kembali mengikuti pemeriksaan tahap kedua. RDT lanjutan ini dijadwalkan setelah hari raya Idul Fitri. “Rencana sehabis lebaran. Kemungkinan tanggal 27 Mei,” kata Joko.

Sedangkan, RDT tahap dua bagi pengunjung Indogrosir dari kalangan umum akan dilaksanakan tanggal 19-21 Mei mendatang.


Amelia Hapsari

Tinggalkan Balasan