SM/Panuju Triangga - BARANG BUKTI: Kabagops dan Kasat Reskrim Polres Purworejo menunjukkan barang bukti yang berhasil diamankan dalam Operasi Sikat Jaran Candi 2020 di halaman Mapolres Purworejo, Senin (27/7).

PURWOREJO, SM Network – Empat kasus target operasi (TO) dan empat kasus non TO berhasil terungkap dalam Operasi Sikat Jaran Candi 2020 yang digelar Polrrs Purworejo. Operasi digelar selama 20 hari dari 6 hingga 25 Juli lalu.

Kabagops Polres Purworejo, Kompol Minarto, mengungkapkan digelarnya operasi ini untuk menekan angka kriminalitas, terutama terkait kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Dalam pelaksanan opersi, berhasil mengungkap empat kasus yang merupakan target operasi (TO) dari laporan masyarakat terkait pencurian kendaraan bermotor. Selain itu, juga berhasil memgungkap empat kasus non TO lainnya.

Kasat Reskrim Polres Purworejo, AKP Agil Widiyas Sampurna, mengungkapkan jumlah pelaku atau tersangka yang berhasil diamankan selama operasi sebanyak tiga orang dari kasus TO dan empat orang dari kasus non TO tersebut. “Ditambah para penadah, bisa 9 sampai 10 pelaku. Semua diamankan di Polres Purworejo,” ungkap AKP Agil Widiyas Sampurna di Mapolres Purworejo, Senin (27/7).

Dari para pelaku yang berhasil diamankan dalam Operasi Sikat Jaran Candi 2020 tersebut, lanjutnya, salah satu pelaku merupakan residivis yang baru saja menerima program asimilasi dari Kementerian Hukum dan HAM skitar tiga bulan lalu. Pelaku ini merupakan residivis kasus penipuan.

“Pelaku residivis ini kami kenakan Pasal 362 terkait tindak pidana pencurian kendaraan bermotor. Ancaman hukumannya lima tahun penjara,” imbuhnya.

AKP Agil Widiyas Sampurna menambahkan, barang bukti yang diamankan dari Operasi Sikat Jaran Candi 2020 terdiri dari lima kendaraan yang terdiri dari sepeda motor dan satu mobil yang sudah terpotong-potong tinggal tersisa kerangka dan bagian depan mobil.


Panuju Triangga