WONOSOBO, SM Network – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-110 Kodim 0707/Wonosobo dibuka, Selasa (2/3). Acara bertema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” dibuka oleh Bupati WonosoboAfif Nurhidayatdi Pendapa Kabupaten Wonosobo.


Afif mengatakan, TMMD adalah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan daerah dengan harapan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


“Selain meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah, TMMD juga bertujuan mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat. Melalui program TMMD, saya harap kekompakan dan sinergisitas antara TNI dan masyarakat akan senantiasa terjalin erat,” katanya.


Dengan mengangkat tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, program TMMD harus disukseskan bersama. Program TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila didukung kerjasama dan gotong royong dari semua unsur yang terlibat, seperti TNI, POLRI, Pemda maupun masyarakat.


“Saya menghimbau agar TNI, POLRI, Pemerintah Desa, dan masyarakat Desa Gemblengan dapat saling bahu-membahu dan bergotong royong dalam melaksanakan program pembangunan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar,” pintanya.


Keharmonisan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat telah menjadi salah satu pilar untuk tetap tegaknya NKRI. Nilai-nilai ini merupakan kekuatan yang sangat dahsyat untuk mengatasi berbagai permasalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran dan pembangunan SDM.


“Kekompakan peran antara TNI dengan rakyat harus senantiasa dipupuk. Sehingga dapat terjalin kokoh dan tidak mudah goyah oleh berbagai kesulitan yang menerpa. Keharmonisan hubungan antara TNI dan masyarakat jangan sampai pudar meskipun program pembangunan di Desa Gemblengan telah selesai dilaksanakan,” katanya.


Komandan Kodim 0707/Wonosobo, Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menjelaskan, Pelaksanaan pembukaan TMMD Reguler Ke-110 T.A 2021 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.


Pembukaan TMMD biasanya dilaksanakan dengan kegiatan upacara di lapangan terbuka, akan tetapi dikarenakan situasi pandemi Covid-19 dan sesuai dengan instruksi dari Mabes TNI, untuk pembukaan TMMD Reguler Ke-110 ini dilaksanakan secara sederhana.

Senada dengan Bupati, Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat menambahkan, bahwa TMMD merupakan suatu program dan kegiatan TNI bersama Instansi pemerintah dan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan semangat kebangsaan, kesadaran bela negara dan disiplin nasional.