SMN/pendim KP - KEMBALI KE BARAK: Satu persatu personel TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler ke-107 menaiki truk untuk kembali ke batalyon masing-masing usai bertugas sebulan penuh di lokasi TMMD di Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo.

KULONPROGO, SM Network – Gelaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107 yang berlangsung di Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo sudah berakhir, Selasa (14/4) kemarin. Ratusan personel TNI dan beberapa diantaranya Polri mulai ditarik ke baraknya meninggalkan lokasi yang dijadikan program TMMD sejak 16 Maret itu.

“Personel Satgas TMMD secara bertahap sudah kami tarik dari lokasi TMMD dan kembali ke batalyonnya masing-masing,” jelas Komandan Kodim (Dandim) 0731/Kulon Progo Letkol Inf Dodit Susanto, Rabu (15/4).

Sebelum dilepas, dilaksanakan pengecekan kelengkapan jumlah anggota dan pemeriksaan kesehatan anggota Satgas TMMD. Hal ini dilakukan untuk memastikan jumlah mereka lengkap dan dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyebaran Covid-19. Bersyukur sampai dengan akhir pelaksanaan kegiatan seluruh anggota Satgas TMMD dan warga Purwosari tidak ada yang terpapar virus tersebut.

“Saya pribadi dan atas nama Kodim 0731/Kulon Progo sangat berterima kasih atas kinerja yang ditunjukkan anggota Satgas baik dari Yonif 403/WP, Yon Zipur 4/TK, Kikavser 2/JTR. Kalian adalah prajurit-prajurit hebat, hati-hati dalam pergeseran pasukan dan sampaikan salam saya untuk keluarga,” pesan Dandim yang juga Dansatgas TMMD Reguler ke-107 itu.

Selanjutnya pasukan dilepas, untuk melakukan pergeseran menuju markas mereka masing-masing dengan menggunakan truk.

Sebagaimana diketahui selama satu bulan penuh, mulai 16 Maret – 14 April, para personel TNI bekerja bersama warga Purwosari yang berada di lereng Gunung Menoreh tersebut untuk ikut melaksanakan pembangunan infrastruktur yang menjadi sasaran fisik pada Program TMMD Reguler ke-107 Kodim 0731/Kulon Progo tahun 2020. Selain harus menghadapi medan yang berat dan cuaca yang ekstrim ditambah adanya pandemi Covid-19 melengkapi segala suka dan duka para personel TNI tersebut.


Gading Persada

2 KOMENTAR