Titik Terang Polemik Pembangunan Pasar Induk Wonsobo

WONOSOBO, SM Network – Harapan masyarakat Wonosobo khususnya para pedagang yang mengalami kelumpuhan ekonomi paska terbakarnya Pasar Induk Wonosobo pada 2014 silam mulai menemui titik terang.

Bagaimana tidak, pembangunan Pasar Induk Wonosobo tahap dua sudah mulai digarap dan ditargetkan akan rampung Oktober Mendatang. Suara bising pekerja yang terus menggarap proyek senilai 139 miliar itu seolah menjadi suara merdu untuk para pedagang yang terkena imbas terbakarnya pasar.

Siti Aminah (40) warga Jogoyitnan Kecamatan Wonosobo merupakan satu dari sekian banyak pedagang yang terkena imbas tragedi memilukan tersebut. Meski rukonya tidak ikut terbakar, daganganya sepi pengunjung sehingga harus ditutup. Dirinya memilih untuk berjualan kopi disekitar proyek pembangunan Pasar Induk ketimbang membuka ruko daganganya.

Di sela-sela berjualan, pandanganya tak lepas dari para pekerja yang lalu lalang. Siti berharap pembangunan segera selesai sehingga ekonomi pedagang bisa pulih seperti sedia kala. “Semoga pembangunan cepat selesai. Alhamdulillah beberapa tahun tidak ada pembangunan, akhirnya pembangunan sekarang sudah berjalan,” harapnya.

Tak jauh berbeda dengan Siti, Ardi Hantoro (40) Warga Seruni Kecamatan Wonosobo tersebut juga berharap pembangunan Pasar Induk Wonosobo cepet selesai. Pria yang sehari-hari berjualan pakaian di lantai 2 Pasar Induk sebelah timur tersebut juga merasakan mati surinya ekonomi paska kebakaran.

Dirinya mengapresiasi langkah pemerintah yang secara nyata membangun Pasar Induk Wonosobo. Percepatan pembangunan tersebut berkat komitmen Pemerintah yang secara nyata ingin kembali memulihkan ekonomi para pedagang.

Di depan puluhan jurnalis yang hadir dalam acara pers conference di Ruang Kertonegoro Setda Kabupaten Wonosobo beberapa waktu lalu, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, menegaskan kembali komitmennya untuk menuntaskan pembangunan Pasar Induk Wonosobo, pasca terbakar pada 2014 silam.

Eko bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, meliputi Kajari Saiful Bahri Siregar, Dandim 0707 Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat, Kapolres AKBP Fannky Ani Sugiharto dan Sekda One Andang Wardoyo serta Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Agus Suryatin menyatakan sikap komitmen Pemerintah dalam percepatan pembangunan Pasar Induk. Agus Suryatin menyebut Pembangunan Pasar Induk tidak lagi ada kendala dan akan tuntas sesuai jadwal.

“Pembangunan Pasar Induk sebagai sentra perekonomian warga masyarakat Wonosobo saat ini sudah mencapai 54% dan sudah menjadi prioritas Pemkab untuk diselesaikan pada tahun ini juga, sesuai kontrak dengan pihak penyedia jasa”, tegasnya.


Adib Annas M

2 Komentar

  1. 111793 859188Hello! I merely would wish to offer a huge thumbs up for that great info youve here during this post. I will likely be returning to your internet site to get far more soon. 941799

  2. 559940 626842Several thanks for sharing this fine piece. Very intriguing ideas! (as always, btw) 587622

Tinggalkan Balasan