SM Network – Virus corona Wuhan (COVID-19) yang terjadi sejak akhir tahun 2019 lalu tentu membuat khawatir masyarakat. Bukan hanya itu saja, virus corona ini juga membuat masyarakat takut tertular ketika bepergian ke beberapa negara. 

Tidak heran sebagian masyarakat yang telah merencanakan liburan ke beberapa negara harus menjadwal ulang liburan mereka. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang membatalkan traveling mereka lantaran takut terpapar corona. 

Namun, tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk tetap traveling ke beberapa negara yang memang sudah ditemukan virus corona seperti Jepang, Korea, hingga Thailand. Dengan alasan biaya yang sudah dikeluarkan dan rencana yang telah dibuat matang-matang beberapa bulan lamanya sebelum virus corona ini muncul. 

Lalu, bagaimana tetap aman traveling ke negara-negara yang telah ditemukan kasus virus corona? Dilansir dari laman tsnn.com, berikut ini metode pencegahan infeksi yang biasa sangat dianjurkan ketika traveling ke negara yang ditemukan virus corona. 

1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 30 detik

2. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 70 persen etanol (periksa label pada botol Anda sebab sebagian besar pembersih yang diberikan secara gratis di acara-acara, atau dari merek perawatan tubuh dan lotion kelas atas, memiliki kandungan alkohol kurang dari 70 persen yang mana kurang efektif membunuh virus corona).

3. Tutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau lengan (bukan tangan) ketika Anda batuk atau bersin

4. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit

5. Hindari menyentuh hidung, mulut, dan mata Anda ketika belum mencuci tangan

6. Di dalam pesawat, jaga ventilasi udara di atas kursi Anda terbuka untuk ventilasi.

7. Bersihkan sandaran tangan pesawat dan meja dengan tisu sanitasi

8. Gunakan tisu untuk membuka pintu kamar kecil

9. Hindari bepergian jika Anda sakit

10.Gunakan masker mulut dan hidung

11. Ketika kembali dari daerah yang terpapar dan merasakan gejala segera periksakan diri ke dokter

12. Tidak kontak dengan binatang atau hewan secara langsung.

Dan bahkan di tengah pengumuman WHO, saat ini tidak ada alasan untuk panik tentang virus corona. “Dengan mengikuti praktik terbaik yang standar seperti mencuci tangan secara teratur setelah berada di tempat-tempat umum, dan mensterilkan lengan kursi dan permukaan di sekitar Anda jika memungkinkan (termasuk taksi online, taksi, dan angkutan umum), Anda berada di jalur yang tepat untuk tetap terlindungi dari paparan virus,” kata Dr. Jacobson.


SM Network /viva

1 KOMENTAR