Tinjau Longsor Kebumen, Mensos Bantu dan Hibur Pengungsi

KEBUMEN, SM Network – Menteri Sosial RI Tri Rismaharini meninjau  lokasi bencana tanah longsor di Desa Kalijering, Kecamatan Padureso, Kebumen, Jumat (12/2) pagi.

Risma yang didampingi oleh Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto  dan sejumlah pejabat  menemui korban bencana dan menghibur anak-anak di lokasi pengungsian.

Mensos mengatakan bencana longsor di Kecamatan Padureso cukup memprihatinkan karena menimbulkan korban jiwa. Menurutnya, proses penanganan pun tidak perlu dipisahkan antara pemerintah daerah dan pusat. Dia berpesan agar kejadian longsor serupa tidak terulang.

“Yang perlu dilakukan muspika dan kepala desa agar tidak terjadi kembali, tidak ada korban lagi. Jika tidak memungkinkan ditempati maka direlokasi,” katanya.

Risma menjelaskan, mengenai lokasi relokasi perlu dibahas oleh pemerintah daerah bersama pemerintah desa setempat. Jika memungkinkan ada lokasi, maka perlu segera direlokasi. Dia pun menyebut, di Kementerian Sosial terdapat anggaran untuk pembangunan rumah relokasi.

“Di kami ada anggarannya tetapi mekanismenya saya kurang begitu tahu. Nanti saya akan komunikasi lagi,” imbuhnya.

Bagi keluarga korban, Risma memberikan santunan dan juga bantuan lain untuk posko. Mensos juga menekankan pentingnya pendampingan dampak psikologis bukan saja bagi orang tua tetapi anak-anak. Terkadang, anak seringkali diabaikan karena fokus penanganan orang tua. 

“Anak-anak sampai kapanpun akan ingat kejadian itu, maka perlu diberikan pendampingan,” jelasnya.

Atasi Trauma

Mantan Walikota Surabaya ini berjanji akan menerjunkan tim khusus guna mendampingi korban. Tim psikologi ini diharapkan dapat membaur bersama anak-anak maupun korban dewasa untuk membantu mengatasi trauma yang dirasakan.

“Nanti akan didatangkan tim psikolog yang dapat membatu mengatasi trauma,” tandasnya. 

Tampak Ketua DPRD Sarimun, Kapolres AKBP Piter Yanottama, Dandim Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono.  Sejumah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kebumen, Muspika, pemerintah desa, dan segenap relawan juga hadir.

Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto mengatakan bahwa  Pemkab Kebumen sangat bangga dan terimakasih yang sebesar besarnya atas kedatangan Mensos ke lokasi bencana di Kebumen. Apalagi Mensos memberikan bantuan uang kepada ahli waris dan juga makanan serta peralatan tidur untuk pengungsi. 

“Bu Risma tai malam pukul 23.00 masih di Pekalongan, begitu mendapat laporan Kebumen langsung ke Kebumen. Beliau berjanji akan membantu relokasi terhadap 24 rumah warga yang rawan terhadap longsor,” ujar Arif Sugiyanto.

Sementara itu, pencarian terhadap satu korban yang tertimbun tanah longsor masih terus dilakukan. Tim SAR gabungan menerjunkan anjing pelacak untuk membantu pencarian korban. Sebelumnya, dua orang telah ditemukan meninggal dunia yakni Tarsina (60) dan Doniatun. Sedangkan seorang korban lainnya yakni Jemarun (48) masih dalam pencarian.  

Tinggalkan Balasan