Timnas U-16 Perpanjang Training Center di Jogja

SLEMAN, SM Network – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 memperpanjang masa training center (TC) atau pemusatan latihannya di Jogja seiring dengan gagalnya agenda uji coba kontra Timnas Thailand U-16. Sedianya laga persahabatan internasional kedua tim bakal dihelat di Stadion Manahan, Solo, hari ini.

“Informasi dari PSSI, bahwasanya federasi sepak bola Thailand sebenarnya mengizinkan (datang) ke Indonesia, tapi dari Menteri Kesehatannya ada satu kota di sana yang terkena wabah virus Corona, jadi melarang atletnya ke luar negeri,” terang pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti saat memimpin pasukannya berlatih di Lapangan UII Jogja, kemarin.

Dengan demikian, skuat Timnas Indonesia U-16 tidak akan melanjutkan programnya ke Kota Solo. Namun tetap berada di Sleman hingga pemusatan latihan berakhir. Sebagai gantinya, tim PSS Sleman U-16 bakal menjadi lawan timnas ini dalam laga uji coba, Jumat (28/2). Sejatinya, Muhammad Valeroen dan kolega, sebelumnya juga sempat menjajal kekuatan tim Elite Pro Academy (EPA) PSS U-16 tersebut pada turnamen segitiga, Sabtu (22/2) akhir pekan lalu. Saat itu skor berimbang tanpa gol dalam permainan selama 45 menit.

“Sesi uji coba melawan PSS U-16 bagus, karena hanya Trofeo jadi mungkin waktunya tidak begitu panjang. Besok (hari ini) akan tanding ulang. Waktunya panjang, semoga bisa saling take and give, sama-sama belajar,” ujarnya.

Mantan pemain Timnas Indonesia ini berujar, batalnya uji coba kontra Thailand harus disikapi dengan bijak. Pasalnya PSSI telah berupaya maksimal mencari lawan tanding, dan wabah virus Corona yang terjadi harus diambil sisi positifnya.

“Bulan depan ada agenda uji coba internasional. Karena ini sangat penting untuk pemain, dalam mengasah mental, dan atmosfer pertandingan melawan timnas negara lain,” jelas jebolan Timnas Primavera tersebut.

Timnas U-16 proyeksi Piala AFF U-16 dan Piala Asia U-16 ini sudah berada di Jogja sejak 17 Februari lalu. Total ada 26 pemain yang mengikuti TC, termasuk empat pemain hasil scouting yang kini berstatus seleksi.

“Sekarang ada 26 pemain, termasuk empat pemain baru tahap seleksi yang merupakan hasil scouting bulan lalu. Tapi ini tidak merubah komponen tim yang sudah ada, yakni pemain yang sudah berjuang di kualifikasi Piala Asia lalu,” tandas Bima.


Gading Persada

Tinggalkan Balasan