SMN/dok - PENDIM: Koordinator Tim Penerangan Kodim (Pendim) Kulon Progo Kapten Inf MB Berhen memberikan arahan ke anggotanya terkait publikasi TMMD Reguler ke-107 di Kalurahan Purwosari, Kapenewon Girimulyo, Kulon Progo.

KULONPROGO, SM Network – Prinsip sebaik apa pun hasil yang dicapai atau sebagus apa pun prestasi yang telah didapat namun kalau tidak dipublikasikan akan menjadi tak berguna rupanya dipegang teguh oleh tim Penerangan Kodim (Pendim) 0731/Kulon Progo.

Ya, tim Pendim seperti menjadi garda terdepan publikasi selama pelaksaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107 yang berlangsung di Kalurahan Purwosari, Kapenewon Girimulyo mulai 16 Maret hingga 14 April nanti.”Bukannya mau umuk (sombong) atau takabur, tapi ketika hasil hasil dari TMMD ini kami laporkan ke pimpinan lalu dipublikasikan ke khalayak umum, maka ada semacam kepuasan batin dan kebanggaan di setiap anggota,” kata Koordinator Tim Pendim Kapten Inf MB Berhen, Kamis (9/4).

Ya rasa bangga dan kepuasan memang pantas didapatkan anggota Pendim KP. Pasalnya, banyak kendala dan hambatan yang ditemui anggota di lapangan. Mulai dari minimnya personel hingga terbatasnya peralatan dokumentasi yang dimiliki. Bahkan, kendala cuaca dan beratnya medan menjadi makanan sehari-hari anggota Pendim dalam menghimpun data untuk selanjutnya disajikan dalam bentuk berita. Termasuk juga mereka bekerja di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan ekstra hati-hati dalam peliputan.

“Personil Pendim hanya orang, alat kamera satu saja. Belum lagi dihadapkan dengan lokasi TMMD dan cuaca hujan tidak dapat melaksanakan peliputan di setiap sasaran. Maka menghimpun berita media dan pengklepingan media tentang TMMD kami kerjakan lembur di rumah,” papar Berhen.

Untuk mempermudah publikasi, lanjut Berhan, pihaknya juga menggandeng sejumlah media cetak dan elektronik lokal maupun nasional. Termasuk salah satunya dengan Suara Merdeka Perwakilan Kedu-DIY.

“Kami paham tanpa bantuan teman-teman media maka publikasi tak bisa maksimal. Dan semua kendala serta hambatan yang kami temui dijalani secara ikhlas dan kami anggap sebagai tantangan,” tutur pria yang juga Danramil Lendah itu.

Terpisah, Dandim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Dodit Susanto mengaku bangga dengan militansi tim Pendim dalam mempublikasikan hasil-hasil TMMD.”Keberhasilan TMMD kali ini tak terlepas dari kerja keras teman-teman di Pendim,” tandas Dodit yang juga Dansatgas TMMD Reguler ke-107 itu.


Gading Persada/Kim

7 KOMENTAR