SMN/pendim KP - TEKANAN DARAH: Salah seorang petugas Tim Kesehatan mengecek tekanan darah warga di lokasi TMMD Reguler ke-107 di Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo

KULONPROGO, SM Network – Jalannya pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107 yang berlangsung di Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo tak terlepas juga dari keberadaan tim kesehatan. Bahkan keberadaan tim ini makin penting di tengah merebaknya penyebaran pandemi Covid-19 secara global.

“Selama pelaksanaan TMMD, kami dibantu oleh anggota PPK I Kartika Pratama yang tergabung dalam Satgas,” kata Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD Reguler ke-107, Letkol Inf Dodit Susanto, Sabtu (4/4).

Memasuki pekan ketiga pelaksanaan program yang dahulu bernama ABRI Masuk Desa itu, tim kesehatan senantiasa siap sedia untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap prajurit dan warga di lokasi TMMD.

Menurut Dansatgas, dengan meluasnya penyebaran virus korona diberbagai negara, langkah pencegahan perlu dilakukan agar jangan sampai ada anggota Satgas TMMD maupun warga terjangkit wabah penyakit tersebut.

Tim kesehatan yang dipimpin oleh Serka Kardiyono turun langsung ke lokasi dan mendatangi tempat istirahat Satgas dan warga yang sedang melaksanakan gotong royong corblok jalan. “Pengukuran tensi darah dan suhu badan dilakukan terhadap Satgas dan warga guna mengetahui kondisi kesehatan mereka,” sambung koordinator tim kesehatan, Serka Kardiyono.

Menurut Kardiyono, langkah pencegahan lainnya juga dilakukan oleh Tim Kesehatan dibantu anggota Satgas lainnya antara lain dengan penyemprotan cairan disinfektan di rumah penduduk serta himbauan untuk cuci tangan dengan sabun atau antiseptik sebelum dan sesudah melakukan aktifitas serta rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Kami siap memberikan bantuan pelayanan kesehatan selama pelaksanaan TMMD Reguler Purwosari ini berlangsung, baik untuk anggota Satgas maupun warga, masyarakat Purwosari, terlebih dengan adanya penyebaran virus korona,” tambahnya.

Samijo, salah seorang warga setempat mengaku sangat bersyukur dengan keberadaan tim kesehatan. Sebab, secara tak langsung kondisi kesehatannya selalu terpantau.”Kami sangat bersyukur dan senang dengan adanya Tim Kesehatan yang siaga dan siap sedia di lokasi TMMD, sehingga warga dapat periksa kesehatan sewaktu-waktu tanpa dipungut biaya sepeserpun,” tandas dia.


Gading Persada

2 KOMENTAR