SM/Panuju Triangga - DEKLARASI DAMAI: Tiga Paslon Bupati-Wakil Bupati melakukan deklarasi damai di Ganesha Convention Hall Purworejo yang digelar KPU setempat, Sabtu (26/9).

PURWOREJO, SM Network – Tiga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Purworejo berikrar melaksanakan enam poin kesepakatan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo 2020. Kesepakatan dan ikrar itu dilakukan dalam Deklarasi Damai  yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo di Ganesha Convention Hall Purworejo, Sabtu (26/9).

Deklarasi damai tersebut dihadiri oleh ketiga Paslon, para pimpinan partai politik (Parpol) dan tim kampanye, serta Forkopimda sebagai saksi. Meski demikian, Calon Bupati Agus Bastian tidak dapat hadir karena sedang sakit sehingga diwakilkan kepada Ketua Tim Pemenangan Agusti Bastian-Yuli Hastuti, Kelik Susilo Ardani.

“Hari ini kami menyelenggarakan Deklarasi Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo 2020. Harapannya, pemilihan di Purworejo dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Sehingga, masyarakat juga tenang, dapat mendapat pencerahan dari pemilihan yang santun ini,” kata Ketua KPU Purworejo, Dulrokhim, seusai acara.

Lantaran di tengah pandemi Covid-19, dalam pelaksanaan deklarasi tersebut Paslon tidak diperbolehkan membawa pendukung. Namun kegiatan juga disiarkan secara daring sehingga bisa disaksikan oleh para pendukung di tempat masing-masing.

Dulrokhim menambahkan, tahapan selanjutnya adalah masa kampanye yang dimulai 26 September hingga 5 Desember 2020. Selanjutnya masa tenang 6-8 Desember dan Rabu 9 Desember 2020 digelar pemungutan suara.

Mengenai ketentuan kampanye di masa pandemi, Dulrokhim menjelaskan, ada beberapa bentuk kampanye atau kegiatan yang dilarang sesuai Peraturan KPU (PKPU) terbaru yakni Nomor 13 Tahun 2020. Bentuk kampanye yang dilarang yakni rapat umum, sehingga ditiadakan. Selain itu, kegiatan yang mengundang keramaian seperti olahraga jalan santai, sepeda santai, dan hari ulang tahun partai yang mengundang massa juga dilarang.

“Yang boleh adalah pertemuan terbatas, tertutup di dalam gedung, jumlah maksimal hanya 50 orang. Debat antar pasangan calon, ada di studio nanti rencananya secara daring,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here