Tiga Bulan 62 Kasus Demam Berdarah

PURWOREJO, SM Network – Kewaspadaan terhadap Covid-19 oleh pemerintah diharapkan tidak melupakan pentingnya penanganan kasus demam berdarah dengue (DBD). Meski kabarnya tidak seheboh virus korona, kasus ini patut diwaspadai karena mengancam korban jiwa.

Menurut data yang bersumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, kasus DBD hingga Maret tahun 2020, sebanyak 62 kasus. Sementara kasus Demam Dengue (DD) atau yang menyerupai demam berdarah (anggapan dikalangan masyarakat), mencapai 396 kasus.

Dari kedua jenis demam tersebut, baik DBD dan DD, belum dilaporkan adanya kasus meninggal dunia, selama tahun ini. Namun demikian, kondisi ini tetap harus diwaspadai, mengigat pada tahun sebelumnya (2019), tercatat empat orang meninggal, dari 74 kasus DBD, dan 925 DD.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, dr Sudarmi, mengatakan, pihaknya terus melakukan tindakan pencegahan dan penanganan demam berdarah, meski hingga saat ini masih disibukan dengan penanggulangan pandemi Covid-19.

“Untuk DBD dan DD tetap kami waspadai. Baik melalui tindakan pencegahan, maupun tindakan setelah terjadinya kasus. Kepada masyarakat juga kami himbau untuk selalu menjaga kebersihan untuk menekan pertumbuhan nyamuk pembawa wabah tersebut,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi Persatuan Pembangunan DPRD Purworejo, Reko Budiyono saat mengatakan, pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo tidak boleh mengabaikan meskipun tengah sibuk menangkal penyebaran virus corona.

“Bukan bermaksud mengecilkan ancaman Corona, tetapi hampir setiap tahun kasus DBD banyak terjadi di Purworejo mestinya menjadi pelajaran agar pemda bisa lebih baik dalam penanganan DB dan meminimalisasi kasus serupa di masa yang akan datang,” katanya.

Reko juga menyampaikan pentingnya edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan dan penanganan kasus DBD. Juga perlu dilakukan sosialisasi di beberapa tempat yang sudah terdeteksi adanya kasus DBD, sehingga ketika terjadi kasus diwilayahnya, masyarakat tidak kebingungan.


Heru Prayogo

1 Komentar

  1. 612627 749794Actually instructive and excellent structure of content material material , now thats user friendly (:. 334736

Tinggalkan Balasan