SM/Adib Annas Maulana - GELAR PERKARA : Polres Wonosobo lakukan gelar perkara kasus pemerasan di Mapolres Wonosobo, Selasa (30/6).

WONOSOBO, SM Network – Tiga anak yang masih di bawah umur terlibat pemerasan di Desa Krinjing, Kecamatan Watumalang. Bahkan, dua di antaranya berjenis kelamin perempuan yang berperan sebagai umpan dalam aksi kejahatan tersebut. Awal mulanya, korban Tuyono (16) warga Desa Binangun, Kecamatan Watumalang pergi ke Bukit Sembrani di Desa Krinjing. Korban berniat untuk menemui SA (14) dan SM (15), dua perempuan yang ia kenal melalui facebook.

Namun saat bersama SA dan SM datang empat orang laki-laki menghampiri korban. Satu di antaranya mengaku sebagai kakak SM. Mereka menuduh jika korban telah melarikan dua gadis tersebut. “Jadi dua perempuan ini dijadikan sebagai umpan. Setelah korban datang di Bukit Sembrani, datang 4 laki-laki dan menuduh korban telah membawa lari dua gadis. Mereka mengatakan kalau 2 gadis ini sedang dalam pencarian keluarga,” terang Wakapolres Wonosobo Kompol Sigit Ari wibowo saat jumpa pers, Selasa (30/6/2020).

Ia mengatakan, saat di bukit tersebut pelaku mengancam korban akan dilaporkan ke polisi, Kades Binangun serta orang tua dari dua gadis tersebut. Korban juga dimintai uang ganti rugi sebanyak Rp 1 juta. “Salah satu pelaku meminta uang ganti rugi. Selama melakukan pencarian, kata pelaku menghabiskan Rp 2 juta. Tetapi karena korban tidak punya uang, maka korban memberikan smartphone miliknya,” jelasnya.

Saat ini, Polres Wonosobo menetapkan enam orang tersangka. Tiga di antaranya adalah anak di bawah umur. Yakni dua pelaku berperan sebagai pengumpan, sedangkan empat pelaku lain yang mendatangi korban. “Totalnya ada 6 tersangka, 3 di antaranya adalah anak di bawah umur. Sesuai aturan, untuk tersangka di bawah umur tidak dipenjara. Untuk prosesnya kami mengikuti hukum untuk anak di bawah umur,” ujarnya.

Kepada para pelaku Kompol Sigit Ari wibowo mengatakan, empat orang yang telah dewasa dikenakan pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.


Adhib Annas M/dib

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here