Terminal Kebumen Dipermak

KEBUMEN, SM Network – Terminal tipe A Kebumen tengah dipermak. Renovasi tersebut meliputi seluruh bangunan dan kios pedagang. Selain itu, di samping terminal juga akan dibangun Markas Kodim 0709 Kebumen. Sehingga akan menambah kesan tangguh pada bangunan terminal.

Menurut Kepala Terminal Tipe A Kebumen Slamet, renovasi yang menjadi program Kementerian Perhubungan itu dimulai pada 2021 ini. “Pembangunan akan mengubah bentuk wajah bangunan depan, hingga 80 sampai 90 persen,” ucapnya.

Dengan adanya renovasi tersebut, lanjut Slamet, diharapkan bisa meningkatkan pelayanan dan mengakomodir tranportasi ke masyarakat. Untuk itu nantinya juga akan dibangun brain track yang lebih ramah kepada kaum disabilitas dan manula.

Slamet saat diwawancarai juga mengungkapkan, sejak tahun 2017, terminal tipe A Kebumen tidak ada retribusi, baik untuk bus yang masuk maupun pedagang. Meskipun demikian, keberadaan kios di terminal tetap diakomodasi dan akan dibuatkan sementara di belakang terminal. “Semua sudah direncanakan dan ini menjadi kewenangan pusat,” ujarnya.

Adapun kios-kios pedagang nantinya akan dibuat lebih milenial. Bagi penumpang pun disiapkan troli serta charger gratis dan disediakan ruang khusus untuk laktasi. Sementara itu, salah satu pedagang Terminal Kebumen Mustofa menyampaikan dukungannya atas renovasi tempat mangkal bus tersebut. “Diharapkan ke depan ada kemajuan dan bisa bertambah ramai dan dikunjungi masyarakat,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan