Terdampak Covid-19, Sekolah IT Terancam Gulung Tikar

KEBUMEN, SM Network – Covid-19 yang mengharuskan anak didik dirumahkan berdampak pada sekolah Islam Terpadu (IT) atau full day school. Pasalnya, alasan orang tua menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut lebih dikarenakan kesibukannya. Selain supaya mendapatkan bimbingan pembelajaran yang terintegrasi di sekolah IT.

Kini, para orang tua pun kembali mempercayakan anaknya diasuh oleh pembantu rumah tangga atau baby sitter.

“Padahal kan awalnya orang tua tidak menginginkan agar anaknya diasuh pembantu. Tapi karena kondisinya seperti ini, ya mau tidak mau nyari pembantu lagi,” kata salah satu orang tua siswa TK IT Al-Kautsar Desa Klapasawit, Kecamatan Buluspesantren, Yanti Isnaeni.

Kepala TK IT Al-Kautsar Klapasawit Ustadzah Asih Setyarini mengemukakan, pihak sekolah telah berupaya melakukan pendekatan-pendekatan kepada orang tua siswa. Bahkan mengunjungi seraya memberi pembelajaran di rumah (home schooling). Namun beberapa wali murid malah hendak menarik kembali anaknya atau keluar sekolah lantaran dianggap tidak memberi solusi.

Pemasukan Keuangan

Praktis berdampak terhadap lembaga, terutama terkait pemasukan keuangan. Sementara pihak lembaga tetap berkewajiban memberikan honor kepada para pendidiknya. Hal ini juga berimbas pada sepinya pendaftar sekolah IT.

Di TK Al-Kautsar, pendaftarannya terpaksa diperpanjang karena belum mencapai target 60 siswa. “Kita baru dapat belasan,” ungkap Asih.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kebumen Moch Amirudin tak bisa mengelak adanya dampak Covid-19 itu. “Dan kami tidak berani memerintahkan masuk sekolah karena terikat aturan dari gugus. Juga tidak bisa memaksa orang tua siswa,” ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya akan berupaya mencarikan solusi agar tidak sampai berdampak yang lebih buruk. Sebagaimana dikhawatirkan oleh para pengelola lembaga pendidikan berbasis IT atau full day itu.

Di Kebumen yang terdapat 1.187 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), jelas Amirudin, tidak mencapai 10 lembaga yang menerapkan IT. Selain TK IT Al-Kautsar Klapasawit, terdapat Ar-Risalah Pejagoan, Ibnu Abas, Ulil Al-Bab, Almadinah, Logaritma dan Al-Hikmah. “Tapi tetap akan kita perhatikan,” sergahnya.


Arif Widodo

4 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Your site is very helpful. Many thanks for sharing!

  3. 694916 317486Thank you for some other informative website. The place else may I get that kind of info written in such an ideal approach? 95087

Tinggalkan Balasan