SM/Adib Annas Maulana - TEMUI : Plh Bupati Wonosobo, One Andang Wardoyo temui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

WONOSOBO, SM Network – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Wonosobo, One Andang Wardoyo beraudiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, Andang memperkenalkan program penataan dan penguatan Kawasan 5 Dieng Baru.

Andang menjelaskan, yang dimaksud dengan Kawasan 5 Dieng Baru adalah Kawasan Telaga Menjer dan sekitarnya, Kalianget dan sekitarnya, Koridor Candiyasan – Keseneng, Waduk Wadaslintang, dan Gununglanang Mergolangu. Diharapkan Kawasan 5 Dieng Baru ini akan menambah daya tarik pariwisata di Kabupaten Wonosobo.

Lebih lanjut mengenai Kawasan Koridor Candiyasan – Keseneng, dijelaskan Andang bahwa di kawasan ini sedang dibangun akses jalan melalui lereng Gunung Sindoro dan Sumbing, serta akan dikembangkan untuk mendukung akses pariwisata di Kawasan Dieng.

Berangkat dari berbagai permasalahan yang dihadapi seperti alih sungai dan hilangnya sumber mata air, alih fungsi lahan pertanian ke lahan pertambangan galian C, rendahnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan kawasan yang konservatif dan berkelanjutan, dan eksplorasi kawasan yang berlebihan, Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo mengembangkan konsep pengembangan dan pengendalian yang terpadu untuk mempertahankan kelestarian alam sepanjang Kawasan Koridor Candiyasan – Keseneng.

“Penataan Kawasan Koridor Candiyasan-Keseneng ini berkonsep penataan lahan pasca tambang, yakni menata kawasan yang rusak agar dapat menunjang kawasan sekitarnya yang sudah baik. Selain itu, optimalisasi pemanfaatan potensi yang ada seperti sumber mata air, kawasan permukiman, perkebunan, dan lain sebagainya akan dilakukan untuk menunjang rencana ini, ” Ujarnya.

Kawasan Koridor Candiyasan-Keseneng ini merupakan jalan lingkar sepanjang 9,5 kilometer yang melewati 9 desa. Kawasan ini memiliki pemandangan alam yang indah, alias scenic view dengan penggunaan lahan didominasi sebagai ladang dan kebun teh.
Dalam audiensi bersama Menparekraf ini, Plh.

Bupati Wonosobo meminta dukungan dan arahan atas rencana penataan Kawasan Koridor Candiyasan-Keseneng, agar mampu menjadi salah satu kawasan destinasi unggulan di Jawa Tengah. Rencananya, kawasan ini akan menyajikan miniatur keunikan budaya dan suku yang berkembang di 5 benua di dunia namun tetap berpedoman kepada pengembangan destinasi pariwisata yang berkelanjutan.